Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Kebakaran Hutan di Pinggir Jalur Pantura Tuban, 3 Unit Damkar Dikerahkan

Petugas dari Damkar Tuban saat memadamkan kebakaran hutan di pinggir jalur Pantura Tuban.[foto: M Muthohar/beritajatim.com]

Tuban (beritajatim.com) – Sejumlah petugas dari Dinas Satpol PP dan Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Tuban dikerahkan ke lokasi kebakaran hutan yang ada di kawasan Hutan Jati yang berada di pinggir jalur Pantura Tuban yakni di RPH Pakah, BKPH Plumpang, KPH Tuban Desa Gesing, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, Senin (26/9/2022) siang.

Sebanyak 3 Unit kendaraan Pemadam Kebakaran (Damkar) dikirimkan ke lokasi untuk memadamkan api yang cepat membakar semak-semak serta daun-daun kering yang ada di hutan itu. Api dari kebakaran hutan jati bisa benar-benar dipadamkan setelah sekitar tiga jam.

Dari pantuan beritajatim.com di lapangan, sejumlah petugas Satpol PP dan Damkar Kabupaten Tuban bersama dengan Polisi dan juga Perhutani tampak berjibaku berusaha memadamkan api. Petugas kuwalahan lantaran api yang membakar di kawasan hutan tersebut semakin meluas dan juga jangkuannya jauh hingga tengah hutan.


“Kita menerima laporan sekitar pukul 12.20 Wib dari Bapak Tasmani bahwa sekitar Pukul 12.05 Wib telah terjadi kebakaran Hutan dan lahan. Kemudian langsung kita kirimkan tiga unit kendaraan Damkar,” terang Sutaji, selaku Kabid Damkar Dinas Satpol PP dan Damkar Kabupaten Tuban.

Sebanyak tiga unit Damkar Tuban dikirim ke lokasi kebakaran Hutan Pakah di pinggir Jalur Pantura Tuban.[foto: M Muthohar/beritajatim.com]
Upaya pemadaman api yang dengan cepat menjalar itu sempat membuat petugas kewalahan. Petugas harus membuat ilaran atau memutus api dari daun-daun yang kering supaya tidak terus menjalar di lokasi yang tidak dapat dijangkau oleh kendaraan Damkar.

“Api baru benar-benar dipadamkan dan dilakukan pembasahan sekitar tiga jam. Memang salah satu kendala adalah sumber air yang jauh, serta kondisi medan yang jauh dari akses jalan. Selanjutnya dilakukan dengan cara manual sederhana yaitu dengan memutus atau memotong perambatan api,” sambungnya.

Sementara itu, untuk memadamkan api yang membakar hutan di pinggir Jalur Pantura Tuban tersebut masing-masing kendaraan Damkar harus dua kali kembali ke lokasi hutan itu. Kebakaran di hutan Jati Pakah petak 80c1 KPH Tuban dengan luasan sekitar 3 hektar tersebut baru bisa benar-benar padam sekitar pukul 15.50 Wib.

Seperti diberitakan sebelumnya, kebakaran hebat dan mengakibatkan asap tebal mengepul terjadi di kawasan Hutan Jati yang berada di pinggir jalur Pantura Tuban yakni di RPH Pakah, BKPH Plumpang, KPH Tuban Desa Gesing, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, Senin (26/9/2022) siang. Dalam kejadian itu asap dari kebakaran itu sempat sampai ke jalan raya jalur nasional itu, meski tidak sampai mengganggu arus lalu lintas. [mut/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar