Peristiwa

Kebakaran Gunung Arjuna Sudah Meluas Hingga 300 Hektare Lebih

Malang(beritajatim.com) – Kebakaran Gunung Arjuna semakin luas. Sejak terbakar pada Minggu, (28/7/2019) hingga Kamis, (1/8/2019) ini total luasa area hutan yang terbakar di gunung setinggi 3.339 Mdpl ini sudah mencapai 300 hektare lebih.

“Luasan Hutan yang terbakar diperkirakan mencapai kurang lebih 300 hektare,” kata Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Batu Achmad Choirur Rochim, Kamis (1/8/2019).

Rochim mengatakan, cepatnya area hutan yang terbakar karena angin di kawasan itu berhembus kencang. Selain itu, pada titik-titik api tim gabungan kesulitan menjangkau karena berada pada kemiringan 60 derajat.

Pantauan dari pos Taman Hutan Rakyat R. Soerjo, bara api di atas gunung terlihat jelas. Tim gabungan masih terus berupaya melakukan pemadaman dengan cara manual menggunakan alat tradisional cangkul dan sabit.

“Kondisi terkini di area kebakaran masih terpantau ada bara api yang belum padam dari kayu dan akar yang terbakar dan terus dipantau untuk mengantisipasi munculnya api baru karena situasi di lokasi angin cukup kencang,” papar Rochim.

Selain itu, tim gabungan juga mengalami beberapa hambatan, yaitu minimnya peralatan dan kurangnya personil yang memiliki keahlian khusus pemadam kebakaran hutan.

Selain itu medannya sangat curam sehingga tidak memungkinkan memadamkan api secara manual karena berada di Blok Gentong Growah dengan ketinggian sekitar 2.700 meter di atas permukaan laut (mdpl) sampai 2.800 mdpl.

“Faktor keselamatan menjadi pertimbangan utama sehingga mendesak diperlukan waterboombing,” tandasnya. (luc/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar