Peristiwa

Kebakaran Gunung Arjuna Dinyatakan Padam

Malang (beritajatim.com) – Kebakaran di puncak hingga lereng Gunung Arjuna dinyatakan padam sejak, Senin siang, (29/7/2019). Dalam operasi pemadaman kebakaran Gunung Arjuna ini, BPBD dibantu oleh TNI, Polri serta relawan.

“Informasi dari tim kami di lapangan bahwa titik api di puncak Gunung Arjuna sudah bisa dikondisikan dan masih akan dipantau. Sejak pukul 11.40 WIB dinyatakan padam dan masuk masa pemantauan selama 2 jam tadi,” ujar Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Batu Achmad Choirur Rochim.

Saat ini tim BPBD masih melakukan assessment untuk mengungkap kronologi kejadian awal kebakaran, kemudian luasan area yang terbakar, serta melihat vegetasi atau tumbuhan jenis apa saja yang terbakar dan sisa bara api masih ditemukan pada titik-titik mana saja sebelum dinyatakan padam 100 persen.

“Selain melakukan assessment kami juga melakukan pemantauan untuk memastikan api benar-benar padam di Gunung Arjuna,” ucap Rochim.

Rochim juga memastikan Gunung Arjuna telah steril dari para pendaki. Sebab, 90 pendaki yang terdaftar telah berhasil di evakuasi. Selain itu, jalur pendakian Gunung Arjuna dan Gunung Welirang yang berada di sebelahnya ditutup untuk sementara waktu.

“Rekomendasi dari tim di lokasi bahwa jalur pendakian Gunung Arjuno dan Gunung Welirang masih ditutup sampai dengan waktu yang belum ditentukan,” tandasnya. [luc/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar