Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Kasus Remaja Mabuk Curi Motor di Pasuruan Berakhir Damai

Pasuruan (beritajatim.com) – Kasus pencurian kendaraan bermotor yang menjerat seorang remaja di Pasuruan berakhir damai. Remaja asal Kecamatan Pasrepan itu sempat mencuri motor dalam kondisi mabuk.

Saat mabuk, remaja itu mencoba mencuri sepeda motor milik Kholik Lindasari (26), warga Desa Jagorepuh, Kecamatan Pasrepan. Tetapi, Kholik memilih berdamai dan memaafkan pelaku.

“Tersangka mengakui perbuatannya yang mencoba membawa kabur motor korban. Aksi pencurian itu dilakukannya karena mabuk setelah mengkonsumsi minuman keras,” kata Kasat Reskrim Polresta Pasuruan, AKP Bima Sakti, Rabu (24/8/2022).


Sebelumnya, pelaku diamankan oleh Polresta Pasuruan setelah mencuri sepeda motor Yamata Jupiter-MX bernopol N-3227-XT. Kepada petugas, remaja ini mengaku terbersit niat untuk mencuri akibat pengaruh minuman alkohol.

Meskipun begitu, mempertimbangkan usia tersangka yang masih di bawah umur, Unit PPA Polres Pasuruan Kota melakukan mediasi dengan memanggil keluarganya dan korban. Dari hasil mediasi, korban berbesar hati memaafkan tersangka.

Kedua belah pihak menandatangani surat kesepakatan damai untuk tidak melanjutkan kasus curanmor ini ke meja hijau. Sehingga kasus diselesaikan melalui mekamisme restorative justice yang diatur dalam Perpol Nomor 8 tahun 2021.

Selain itu, pihak keluarga tersangka juga mengakui sepakat tidak melaporkan balik terkait kejadian penganiayaan yang dilakukan oleh warga sekitar. Sebelumnya, tersangka sempat dihajar warga akibat terpergok mencuri motor sehingga mengalami lebam dan luka pada Selasa (16/8/2022) lalu.

“Korban memaafkan pelaku dan mencabut laporannya. Keluarga tersangka sudah sadar dan mengakui apa yang telah dilakukan oleh tersangka adalah hal yang salah,” pungkasnya. [ada/beq]


Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Shin Tae Yong Puji Rumput Lapangan Thor Surabaya

Menjajal Mobil Listrik Wuling Air ev