Peristiwa

Kasal: Tim Temukan Diduga Kepingan KRI Nanggala 402

Banyuwangi (beritajatim.com) – Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana Yudo Margono merilis adanya sejumlah temuan kepingan yang diduga berasal dari komponen KRI Nanggala 402. Menurutnya, barang-barang itu ditemukan tidak jauh dari lokasi terakhir kapal selam tersebut kontak.

“Barang-barang ini tidak dimiliki umum dan di sekitar 10 mil dari lokasi tidak ada kapal lain yang melintas,” jelas Kasal Yudo Margono, dalam press conference di Bali, Sabtu (24/4/2021).

Tim pencarian, kata Yudo, sebelumnya juga menemukan beberapa bukti lain. Di antaranya tumpahan minyak, oli, serta beberapa barang lain yang hanya dimiliki KRI Nanggala-402.

Hal ini, juga dibenarkan oleh para ahli dan mantan ABK KRI Nanggala. “Dari para ahli, mantan ABK serta komunitas kapal selam, diyakini ini adalah barang-barang milik KRI Nanggala,” terangnya.

Bukti lainnya yang ditemukan di antaranya pelurus tabung torpedo, pembungkus pipa pendingin, pelumas periskop, hingga alas yang biasa dipakai oleh ABK untuk salat.

Sementara hingga saat ini, proses pencarian kapal selam KRI Nanggala 402 masih terus dilakukan. Tim TNI Angkatan Laut bahkan telah menerjunkan 21 KRI untuk mendukung pencarian.

Tim lain yang membantu, ada kapal Basarnas sebanyak empat unit. Serta dua kapal patroli dari Mabes Polri. Bahkan bantuan juga mulai berdatangan dari sejumlah negara. Di antaranya, Singapura, Malaysia, Australia dan Amerika. [rin/suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar