Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Pengamanan Mudik Lebaran 2022, Kapolri Kunjungi Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo bersama Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak, AKBP Anton Elfrino saat meninjau salah satu pos di Pelabuhan Tanjung Perak.

Surabaya (beritajatim.com) – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meninjau Pelabuhan Tanjung Perak untuk memastikan kesiapan pengamanan dan pelayanan arus mudik Hari Raya Idul Fitri tahun 2022.

Dalam kunjungan tersebut, Jenderal Sigit didampingi Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak dan Forkopimda Jawa Timur.

Sigit menjelaskan, kegiatannya meninjau Pelabuhan Tanjung Perak guna memastikan keamanan dan kenyamanan pemudik yang menggunakan transportasi laut untuk pulang ke kampung halaman. Selain itu, di hadapan media, Sigit memastikan jika pihaknya akan maksimal bekerja untuk mengawal masyarakat yang mudik.

“Kita melaksanakan kunjungan di Pelabuhan Tanjung Perak untuk mengecek kesiapan keamanan dan kenyamanan masyarakat, khususnya dalam hal pelayanan terhadap arus mudik dan nantinya arus balik,” kata Sigit, Kamis (28/4/2022).

Sigit mengatakan, moda transportasi laut hendaknya bisa dimanfaatkan masyarakat agar tidak terkendala macet di jalan. Mengingat, masyarakat telah 2 tahun melewati lebaran tanpa mudik ke kampung halaman.

“Transportasi laut ini bisa menjadi salah satu pilihan masyarakat untuk melaksanakan mudik menggunakan moda kapal laut, untuk kurangi potensi beban kemacetan yang diprediksi pada arus mudik, kemungkinan mulai nanti malam akan terus meningkat. Ini tentunya bisa jadi pilihan bagi rekan-rekan,” ujar Sigit.

Dari pengecekannya secara langsung, Sigit memastikan bahwa, Pelabuhan Tanjung Perak telah menyiapkan pelayanan yang optimal kepada seluruh masyarakat dari berbagai wilayah yang melakukan perjalanan mudik.

“Kita lihat bahwa dari kapal-kapal yang ada, tidak hanya melayani masyarakat yang akan tinggalkan wilayah Surabaya, namun juga menerima masyarakat yang datang dari beberapa wilayah. Tadi kita cek ada dari Kalimantan, ada juga dari wilayah Ende, dari Sulawesi bahkan dari Tanjung Priok dan pelabuhan Semarang ada juga,” ucap eks Kabareskrim Polri ini.

Dalam kunjungannya Sigit mengapresiasi seluruh stakeholder yang tetap menegakkan protokol kesehatan untuk pemudik. Baginya, walaupun pemerintah telah mengizinkan untuk masyarakat mudik, namun protokol kesehatan tidak boleh diabaikan karena pandemi Covid 19 belum usai.

Bagi pemudik yang belum menerima vaksin booster, pelabuhan tanjung perak menyediakan gerai-gerai agar masyarakat bisa vaksin dan membeli tiket kapal untuk pulang kampung. (ang/ted)


Apa Reaksi Anda?

Komentar