Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Kapolri Kunjungi Korban Erupsi Gunung Semeru

Lumajang (beritajatim.com) – Kepala Polisi Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Listyo Sigit Prabowo mendatangi masyarakat yang terdampak erupsi Gunung Semeru, Senin (6/12/2021) petang.

Dalam kesempatan itu Kapolri juga memberikan arahan kepada jajaran dalam rangka menanggulangi bencana erupsi Gunung Semeru. Kapolri menerbitkan surat perintah nomor: Sprin/XII/OPS.2./2021 untuk menggelar operasi kemanusiaan Aman Nusa II dalam rangka menanggulangi bencana alam erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang.

Sprin tersebut dikeluarkan sebagai bentuk komitmen Polri yang selalu berada di garis terdepan dan responsif dalam membantu masyarakat yang menjadi korban bencana alam.


Untuk mempercepat evakuasi korban erupsi Gunung Swmeru, Polri telah mengerahkan 945 personel gabungan ke lokasi bencana, mulai dari Pelopor Korbrimob dan Satbrimob Polda jajaran. Kemudian, ada enam ekor anjing K-9 juga diterjunkan ke lokasi.

Selain itu, Polri juga telah mengerahkan peralatan dan kendaraan terkait bencana alam, diantaranya mobil SAR, mobil dapur lapangan, mobil reapiter, mobil water treatment, ambulance, serta satu buah Helikopter juga telah dikirimkan dan siap beroperasi di lokasi bencana.

“Semua personel, peralatan maupun kendaraan yang dikerahkan, dipastikan siap menghadapi kondisi di lapangan. Pelayanan kesehatan dan dapur umum darurat kami telah siapkan dan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat,” ujar Sigit.

Sigit menginstruksikan kepada seluruh jajaran yang bertugas dalam operasi kemanusiaan tersebut untuk bergerak aktif melakukan koordinasi dengan pihak terkait. Ia juga meminta untuk segera berkomunikasi ke Mabes Polri apabila membutuhkan sarana dan prasarana tambahan.

Dia berharap dengan dikerahkannya seluruh kekuatan terbaik yang dimiliki Polri, dapat meringankan beban dari masyarakat terdampak erupsi Gunung Semeru ini. [tr/suf]

 


Apa Reaksi Anda?

Komentar