Peristiwa

Gugah Disiplin Warga Tangkal Covid-19

Kapolresta Sidoarjo Sebar ‘Public Address’ ke Seluruh Desa

Sidoarjo (beritajatim.com) – Penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tahap III penanganan Covid-19 di Kabupaten Sidoarjo dititikberatkan pada peningkatan disiplin warga di tingkat desa.

Melalui kesadaran warga untuk berperilaku disiplin diharapkan dapat segera memutus mata rantai virus corona yang saat ini sudah menembus angka 533 orang positif. Penegasan itu disampaikan oleh Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Sumardji saat memberangkatkan kendaraan public address ke pelosok desa se-Sidoarjo.

“Disiplin warga harus ditingkatkan. Seperti membiasakan hidup bersih, hidup sehat, serta menjaga physical distancing. Kita lihat di wilayah desa dan perkampungan yang harus kita edukasi guna kedisiplinan tersebut,” katanya di Mapolresta Sidoarjo, Rabu (27/5/2020).

Puluhan kendaraan public address milik Polri, TNI, Dinas Perhubungan, Satpol PP, dan Pemerintah Desa se-Kabupaten Sidoarjo, diberangkatkan Kapolresta Sidoarjo untuk disebar ke seluruh pelosok desa atau perkampungan. “Tujuan para aparat terjun ke pelosok-pelosok desa ini untuk mengedukasi masyarakat agar disiplin dalam mencegah penyebaran virus corona di wilayahnya,” tambah Sumardji.

Lebih jauh dijelaskannya, edukasi public address ini berupa himbauan (woro-woro), berisi tentang bahaya penyebaran Covid-19 yang dapat ditangkal dengan membiasakan hidup bersih, sehat, menerapkan physical distancing, dan patuh pada peraturan pemerintah dalam rangka memutus mata rantai Covid-19.

Sumardji juga menjelaskan, dalam penerapan PSBB tahap tiga, desa menjadi ujung tombak. Tidak hanya perangkat desa dan warganya yang menjadi tumpuan, peran Bhabinkamtibmas dan Babinsa didukung sarana public address dimaksimalkan guna mempercepat pemutusan penyebaran Covid-19.

“Ada desa-desa di beberapa kecamatan zona merah yang menjadi perhatian khusus. Kedisiplinan warga juga akan diperketat, dan diterapkan secara arif dan bijaksana. Bahkan sanksi sosial pun tidak segan diberikan bagi warga yang sulit untuk diajak disiplin,” tegasnya.

Dalam kesempatan ini, selain memberangkat sarana public address ke seluruh desa, Kapolresta Sidoarjo juga menyalurkan bantuan sosial dari pemerintah kepada warga Kabupaten Sidoarjo terdampak Covid-19. Bantuan sosial berupa 200 kilogram beras dan 5 liter cairan hand sanitizer, 200 masker, 50 sarung tangan untuk 18 wilayah polsek jajaran Polresta Sidoarjo. [isa/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar