Peristiwa

Kapolres Pamekasan Pimpin Apel Penanganan Kontijensi Bencana

Pamekasan (beritajatim.com) – Kapolres Pamekasan, AKBP Djoko Lestari memimpin secara langsung Apel Penanganan Kontijensi Bencana Tahun 2019-2020 yang digelar di halaman Mapolres Jl Stadion 81 Pamekasan, Selasa (17/12/2019).

Dalam giat tersebut, tampak hadir jajaran Forum Pimpinan Daerah (Forpimda) Pamekasan, serta sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan stakehokders terkait.

“Apel kesiapsiagaan bencana ini bertujuan untuk membentuk Satgas (Satuan Tugas) dalam penyelamatan terhadap korban bencana. Sekaligus komitmen bersama keterlibatan TNI-Polri dan instansi terkait dalam membantu penanganan bencana,” kata Kapolres Pamekasan, AKBP Djoko Lestari.

Dalam kegiatan tersebut pihaknya juga melakukan berbagai langkah antisipatif maupun siaga darurat bersama Badan Penanggulanhan Bencana Daerah (BPBD) setempat, baik untuk tanggap darurat bencana maupun pasca bencana.

“Tujuan lain dari kegiatan ini sebagai pedoman kegiatan dalam penanganan bencana, serta pelibatan TNI-Polri secara aktif dalam membantu penanganan bencana. Sekaligus melakukan pengamanan terhadap daerah rencana tempat pengungsian,” ungkapnya.

Selain itu, pihaknya juga meninjau sejumlah perlengkapan yang akan disiapkan mengantisipasi berbagai kemungkinan adanya bencana. “Mengenai kelengkapan peralatan kita sudah siap, mulai perahu karet, kemudian senso, alat pemotong beton, termasuk dapur umum, kita sudah miliki di Kabupaten Pamekasan,” jelasnya.

Berdasar perkiraan cuaca BMKG Jawa Timur, wilayah Bumi Gerbang Salam akan efektif memasuki musim hujan pada pekan ketiga Desember 2019. Puncaknya diperkirakan pada Januari hingga Februari 2020 mendatang.

“Dari itu, sangat perlu untuk kita waspadai bersama akan adanya hujan lebat, angin kencang maupun puting beliung, banjir, longsor hingga berbagai jenis bencana lainnya,” pungkas pimpinan yang akrab disapa Pak Djoko. [pin/ted]


Apa Reaksi Anda?

Komentar