Peristiwa

Kapolres Jember: Para Kiai Ingin JFC Minta Maaf

Jember (beritajatim.com) – Pertemuan membahas kontroversi Jember Fashion Carnaval di Pendapa Wahyawibawagraha, Kabupaten Jember, Jawa Timur, Selasa (6/8/2019) sore, akhirnya menemukan solusi.

“Para kiai menyampaikan agar JFC minta maaf kepada masyarakat atas tampilan kali ini di mana ada bagian yang mengumbar aurat dan ada sebagian masyarakat merasa terlecehkan,” kata Kepala Kepolisian Resor Jember Ajun Komisaris Besar Kusworo Wibowo.

Kusworo mengatakan, pertemuan antara Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, ulama, dan penyelenggara Jember Fashion Carnaval digelar, setelah munculnya keresahan dari tokoh agama akibat adanya umbar aurat di karnaval tersebut pada Minggu kemarin.

Hadir dalam pertemuan itu Bupati Faida, Wakil Bupati Abdul Muqit Arief, Kepala Kepolisian Resor AKBP Kusworo Wibowo, Kasdim 0824 Jember Mayor Sampak, Ketua Pengurus Cabang NU Jember, Ketua Majelis Ulama Indonesia, Ketua PCNU Kencong, Ketua Front Pembela Islam, Ketua Lajnah Pendidikan Akhlak Islam, Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah, Ketua Muslimat, Ketua Gerakan Pemuda Ansor, dan sejumlah ulama.

Kusworo melihat keresahan yang muncul harus segera direspons. Maka ia kemudian menghubungi Forkopimda dan menyampaikan gagasan mempertemukan para perwakilan tokoh agama dengan JFC.

Mengapa Kusworo menggagas pertemuan itu? “Manakala keresahan masyarakat tak terkanalisasi maka bisa menimbulkan gejolak yang berpotensi menimbulkan gangguan keamanan. Maka kami mereduksi itu dan kami pertemukan. Dengan ini bisa ketemu dalam pertemuan solutif,” katanya.

Kusworo berharap setelah pertemuan sore tadi tak ada lagi rencana aksi unjuk rasa yang memprotes JFC. Kabar soal adanya sejumlah warga yang bermaksud berunjuk rasa memprotes JFC besok sempat beredar di media sosial.

JFC adalah karnaval fesyen di atas jalan raya sepanjang 3,6 kilometer dan diikuti 600 orang model yang berasal dari warga biasa. Tahun ini adalah tahun ke-18 penyelenggaraannya. JFC memang tengah ramai dibicarakan di media sosial, karena tampilan seksi peserta karnaval, terutama artis Cinta Laura, Minggu (4/8/2019). (wir/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar