Peristiwa

Kapolda Jatim Serahkan Bantuan bagi Korban Gempa Malang

Malang (beritajatim.com) – Kapolda Jawa Timur Irjen Nico Afinta menyerahkan langsung bantuan sembako bagi korban bencana gempa bumi di Dusun Krajan, Desa Majang Tengah, Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang, Senin (12/4/2021) sore ini.

Bantuan ini diberikan langsung Irjen Nico Afinta pada korban bencana gempa bumi di lokasi kejadian. Kedatangan Kapolda Jatim didampingi langsung Kapolres Malang AKBP Hendri Umar, Dandim 0818 Kota Batu-Kabupaten Malang Letkol Yusub Dody Sandra. Dan juga Bupati Malang HM Sanusi serta pejabat utama Polda Jatim.

“Kami bersama Pak Bupati, Pak Dandim dan Pak Kapolres, mendukung upaya pemulihan agar masyarakat bisa hidup tenang kembali. Ada perbaikan rumah yang juga kami lakukan. Sementara dari hasil rapat bersama BNPB, untuk rumah yang rusak kita berikan bantuan Rp 50 juta. Rumah rusak kategori sedang Rp 25 juta dan rumah rusak ringan Rp 10 juta,” tegas Irjen Nico Afinta.

Kategori rumah rusak berat, lanjut Nico, akan dilakukan perbaikan oleh TNI-Polri. Sementara rumah rusak sedang dan ringan, dikerjakan secara swakelola.

“Kami juga melakukan kegiatan kemanusiaan dengan menurunkan tim trauma healing dari Polda Jatim dan Kodam V Brawijaya. Tim trauma healing untuk memberikan terapi psikologi, sehingga mental masyarakat bisa kembali pulih. Saya yakin dengan kerjasama seluruh element, bisa segera memulihkan keadaan pasca gempa bumi di Kabupaten Malang ini,” tuturnya.

Irjen Nico Afinta menambahkan, pihaknya juga mengapresiasi upaya gotong royong yang di tunjukkan masyarakat Kabupaten Malang. Sehingga, bersama-samabisa meningkatkan swadaya siskamling dan pengamanan secara mandiri pasca gempa bumi terjadi.

“Bersama menjaga swadaya siskamling, kami melihat gotong royong warga Malang tinggi sekali. Saya melihat disini tidak ada masyarakat yang kehilangan barang, dan itu kami apresiasi. Menjaga keamanan secara bersama-bersama,” pungkas Irjen Nico Afinta. [yog/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar