Peristiwa

Kapolda Jatim: Kampung Tangguh Bukan Seperti Halte Bus

Madiun (beritajatim.com) – Kapolda Jatim Irjen Pol M. Fadil Imran dan Pangdam V Brawijaya MayJen TNI Widodo Iriansyah, Selasa (16/6/2020), berkunjung ke Kabupaten Madiun. Kedatangan mereka dalam rangka peninjauan KTS (Kampung Tangguh Semeru).

Kapolda berharap, desa atau kelurahan yang ada warganya terkonfirmasi positif Covid-19, supaya sudah ada kampung tangguhnya. “Adanya kampung tangguh ini bisa menjadi basis untuk melawan dan menjaga warga dari virus corona,” kata Kapolda Jatim, Selasa sore.

Kapolda menyebut adanya kampung tangguh, diharapakan bukan sekedar ada penjagaan, ada cek suhu ataupun tempat lumbung pangan. Namun lebih dari itu, benar-benar satgas Covid-19 desanya berjalan. Kalau ada warga yang memiliki gejala Covid-19, tim satgas gerak cepat untuk membawanya ke puskesmas.

Di sana dilakukan rapid test, jika hasilnya reaktif langaung dilakukan swab test. Covid-19, menurut Fadil Imran, bukanlah aib yang harus disembunyikan. Jika terpapar harus disampaikan, kalau cepat ditangani sembuhnya juga cepat. “Masyarakat jangan panik, laporkan kepada tim satgas supaya langsung dilakukan langkah-langkah penanganannya,” katanya.

Kampung tangguh, sebut Fadil Imran, jangan disamakan dengan halte bus. Yang tidak dianggap, meski keberadaannya ada. Nyaris cuma dibuat tempat orang transit dan ditinggalkan. “Kampung tangguh menjadi lini terdepan untuk memberikan pertolongan kepada masyarakat. Bukan hanya kuat dan tangguh dalam sosial ekonomi, tapi juga dalam hal kesehatan terutama penanganan Covid-19,” katanya.

Virus Corona Covid-19

Sementara itu Pangdam V Brawijaya MayJen TNI Widodo Iriansyah mengatakan, dengan adanya kampung tangguh, bisa membuat masyarakat tenang. Karena hingga kini belum ditemukan obat atau vaksin untuk penyelamatan Covid-19.

Oleh karena itu, masyarakat harus memperhatikan pola hidup baru. Dengan menggunakan masker dan jaga jarak.  “Semoga adanya kampung tangguh, masyarakat lebih tenang di tengah pandemi ini,” pungkasnya. [end/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar