Peristiwa

Kapolda Jatim: Ini akan Jadi Catatan Sejarah

Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan bersama Ketua PWI Jatim Ainur Rohim

Surabaya (beritajatim.com)--Kapolda Jatim, Irjen Pol Drs Luki Hermawan menyampaikan apresiasi tinggi atas penghargaan yang diterimanya dari PWI Jatim. Apalagi, penyerahan penghargaan itu dilakukan secara terbatas dengan memakai protokol virus corona (Covid-19) di Mapolda Jatim, Kamis (23/4/2020) pagi.

“Itu acaranya yang semestinya pada 20 Maret 2020 lalu, kemudian tak jadi digelar karena wabah virus corona. Ya nggak apa-apa penghargaan itu diberikan dengan protokol covid-19. Saya yakin ini akan menjadi catatan sejarah di kemudian hari,” kata Irjen Pol Luki Hermawan.

Sejumlah pengurus PWI Jatim hadir saat penghargaan PWI Jatim Award 2020 untuk kategori Special Award untuk Irjen Luki. Selain Ketua PWI Jatim, Ainur Rohim, hadir pula Sekretaris PWI Eko Pamuji, Wakil Ketua Bidang Organisasi Machmud Suhermono, Wakil Ketua Bidang Pendidikan Abdurrahman Ubaidah, Wakil Ketua Bidang Kesejahteraan Arif Sosiawan, Wakil Bendahara Syaiful Anam, dan Ketua Seksi Hukum Wisnu.

Irjen Pol Luki mengutarakan, tak ada yang tahu secara pasti kapan pandemi covid-19 ini berakhir. Sejumlah langkah penanganan seperti social distancing, physical distancing, dan segera diterapkan PSBB di Kota Surabaya dan sebagian Kabupaten Gresik dan Kabupaten Sidoarjo adalah bagian kebijakan untuk mengatasi problem berat ini. “Doakan segera tuntas. Kerja Polri dan TNI makin bertambah berat dengan perkembangan keadaan ini,” tukasnya.

Tentang apresiasi dari PWI Jatim, Irjen Pol Luki menyatakan, sinergitas yang terbangun baik antara media massa dan wartawan dengan jajaran Kepolisian di Jatim harus tetap dipelihara dan ditingkatkan dari tahun ke tahun. Media massa adalah mitra strategis Kepolisian untuk menginformasikan kepada publik tugas dan peran Kepolisian dalam mewujudkan kamtibmas. “Terima kasih banyak atas apresiasinya,” tandasnya.

Politikus Rendah Hati

Ketua Golkar Jatim Sarmuji (baju kuning) bersama Ketua PWI Jatim Ainur Rohim (batik coklat) dan Sekretaris Golkar Jatim (Sahat Tua Simanjuntak)

Di hari yang sama, PWI Jatim Award 2020 Bidang Politik diserahkan kepada Ketua DPD Partai Golkar Jatim, M Sarmuji, SE, M.Si. Arek Suroboyo yang rendah hati ini mengatakan apresiasi tinggi kepada PWI Jatim.

“Saya ini hanya seorang Sarmuji yang kebetulan dipercaya sebagai ketua Partai Golkar Jatim. Bukan Sarmuji adalah ketua Partai Golkar Jatim,” katanya.

Kosa kata hanya, menurutnya, mengindikasikan kerendahan hati. Sedang kosa kata adalah memperlihatkan ketinggian hati dan cenderung menunjukkan kepongahan. “Kita mesti bersikap rendah hati,” ungkap Sarmuji, yang juga lama sebagai aktivis HMI Universitas Jember (UJ).

Selain Sarmuji, kegiatan di kantor DPD Golkar Jatim di Jalan A Yani Surabaya, juga dihadiri Sekretaris Golkar Jatim Sahat Tua Simanjuntak dan sejumlah pengurus Golkar Jatim, seperti Heri Sugiono, Kodrat Sunyoto, dan lainnya.

Sarmuji termasuk politikus muda di kalangan Partai Golkar. Dia terpilih sebagai ketua Golkar Jatim dalam musda di Hotel Utami Surabaya beberapa bulan lalu. Saat ini, politikus rendah hati itu sebagai anggota DPR RI. “Saya berusaha memperbaiki kerja politik kepartaian di sejumlah kabupaten/kota di Jatim yang pada Pileg 2019 lalu kurang bagus,” katanya.

Untuk kepentingan itu, Sarmuji mengatakan, dia membutuhkan dukungan dan sinergi politik dengan berbagai kekuatan Partai Golkar di Jatim. “Doakan kinerja politik Golkar Jatim lebih baik. Target paling dekat di pemilihan serentak yang direncanakan pada Desember 2020 ini,” ujarnya.

Di-WA Presiden Jokowi

Paulus Totok Lusida (tengah dan berbaju) saat menerima PWI Jatim Award 2020 di kantornya.

Apresiasi juga disampaikan pengusaha perumahan tingkat nasional, Paulus Totok Lusida, atas penghargaan PWI Jatim 2020 Bidang Pembangunan Perumahan yang dia terima.

“Rabu pagi saya belum baca koran. Istri saya memberitahu saya dapat penghargaan dan nama saya tercantum di koran nasional terbitan Surabaya bersama 17 tokoh lainnya,” katanya.

Menurutnya, penghargaan itu jadi spirit dan motivasi dirinya dalam pengembangan sektor perumahan rakyat di masa depan. “Saya dapat WA dari banyak tokoh dan sahabat saya di Jakarta. Termasuk dapat WA dari Pak Presiden Jokowi. Sejumlah pengusaha nasional yang lama aktif di REI menyebut sekarang REI mulai diajak berteman sama PWI,” ungkapnya sambil tersenyum.

Sekali pun puncak resepsi HPN 2020 dan HUT ke-74 PWI tingkat Jatim tak jadi digelar di Gedung Negara Grahadi pada 20 Maret 2020, karena pandemi covid-19, Totok Lusida mengatakan, model penyerahan award secara person to person dengan mengacu protokol covid-19 tak mengurangi makna hakiki award itu sendiri.

“Ini juga jadi catatan sejarah pribadi saya. Setelah menerima award dari SIWO PWI Jatim terkait olahraga, kini juga terima dari PWI Jatim tentang perumahan. Terima kasih,” ungkap Totok Lusida. [tok/air]

Apa Reaksi Anda?

Komentar