Peristiwa

Kapal Nelayan Terbakar di Tuban, ABK Berhasil Diselamatkan Berkat Kepulan Asap

Tuban (beritajatim.com) – Sebuah Kapal Motor (KM) Bintang Jaya Mandiri yang berasal dari Muara Angke, Jakarta hangus terbakar di tengah laut Jawa dan 16 orang dari Anak Buah Kapal (ABK) kapal nelayan itu yang sempat terombang-ambing di laut berhasil dievakuasi dan mendarat di pelabuhan PT TPPI Tuban, Jumat (16/4/2021).

Penyelamatan belasan ABK yang kapal terbakar itu dilakukan oleh kapal tangker MT Queen Majety yang sedang mengangkut BBM dengan tujuan TBBM Tuban. Para nelayan itu berhasil diselamatkan setelah tim dari kapal tangker pengangkut minyak itu mengetahui ada kepulan asap hitam dari kapal yang terbakar.

Berdasarkan keterangan dari Katpen Kapal Tangke MT Queen Majesty, peristiwa kebakaran di tengah laut itu diketahui saat kapal pengangkut BBM tersebut kebetulan sedang melintas di jalur tersebut. Yang mana saat itu diketahui terdapat kepulan asap yang sudah terlihat dari jarak yang sangat jauh.

Sejumlah Nelayan Dievakuasi akibat kapal terbakar

“Awalnya sekitar 7 Mil kita sudah mengetahui ada kepulan asap. Selanjutnya sambil kita siapkan tim Rescue kita mendekat ke sekitar lokasi kejadian,” terang Muhammad Amin Rahman, selaku Kapten Kapal MT Queen Majesty saat berada di kawasan PT TPPI Tuban.

 

Menurutnya, saat sampai di sekitar lokasi kebakaran KM Bintang Jaya Mandiri itu crew dari kapal tangker itu melihat bahwa kondisi kapal nelayan itu sudah tidak mungkin bisa diselamatkan. Selain itu, kapal MT Queen Majesty itu juga tidak berani terlalu mendekat ke kapal yang terbakar lantaran saat itu mengangkut BBM jenis Premium.

Baca Juga:

    “Saat kita sampai di lokasi itu, ABKnya sudah berenang semua. Kemudian kita lakukan evakuasi sebanyak 16 ABK itu butuh waktu sekitar satu jam setengah,” sambungnya Kapten Kapal MT Queen Majesty tersebut saat menjelaskan proses evakuasi ABK itu.

    Setelah mengetahui kejadian tersebut pihak kapal Tangker BBM itu langsung melaporkan kejadian itu kepada pihak Pertamina dan juga Basarnas. Para nelayan yang kapalnya terbakar itu akhirnya berhasil mendarat di pelabuhan TPPI Tuban dengan kondisi yang selamat.

    “Sudah tidak ada lagi yang tertinggal, semua ABK sudah berhasil kita evakuasi dan kita naikan semua,” pungkasnya.[mut/ted]


    Apa Reaksi Anda?

    Komentar