Peristiwa

Kapal Milik Pemkab Sumenep Rute Kalianget – Kangean Tak Berlayar

Sumenep (beritajatim.com) – PT Sumekar, operator kapal Dharma Bahari Sumekar (DBS) yang melayani rute Kalianget – Kangean, pada Selasa (11/05/2021) tidak melakukan pelayaran seperti biasanya.

“Kami telah menerima surat pemberitahuan dari manajemen PT Sumekar, bahwa jadwal kapal reguler ke Pulau Kangean yang mestinya berangkat hari ini, di-off kan,” kata Petugas Syahbandar Kalianget, Nanik.

Dalam surat pemberitahuan tersebut, disampaikan bahwa kapal DBS I akan kembali melayani pelayaran reguler sesuai jadwal pada Minggu (15/05/2021) setelah Lebaran. “Untuk penumpang yang akan ke Pulau Kangean dari Pelabuhan Kalianget dilayani oleh kapal perintis ‘Munggiyango Hulalo’. Kapal ini sudah berangkat pagi tadi,” terangnya.

Sementara untuk jumlah penumpang kapal ke wilayah kepulauan hari ini tidak lagi sepadat pekan lalu, sebelum pemerintah menerapkan larangan mudik per 6 Mei 2021. Pada pekan lalu, sejumlah penumpang terpaksa tidak diijinkan naik ke kapal karena kapasitas kapal sudah penuh.

“Untuk semua operator kapal, kami memang menekankan untuk mematuhi protokol kesehatan seperti jumlah maksimal penumpang agar bisa menjaga jarak. Kalau jumlah penumpang melebihi kapasitas maksimal ya harus diturunkan. Kami akan membuat berita acara teguran apabila ada operator kapal yang mengabaikan prokes,” tandas Nanik. [tem/suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar