Peristiwa

Kandang Terbakar, 6 Ekor Kambing Ikut Terpanggang di Parengan Tuban

Hangus Terbakar, sebuah kandang kambing milik warga Desa Pancing, Kec Parengan, Tuban yang terbakar.

Tuban (beritajatim.com) – Sejumlah warga yang tinggal di Dusun Besulu, Desa Pancing, Kecamatan Parengan, Kabupaten Tuban dihebohkan dengan terjadinya kebakaran hebat yang menghanguskan sebuah bangunan kandang kambing milik seorang jandi tua yang merupakan warga setempat, Kamis (8/7/2021) siang.

Kandang kambing yang terbakar itu diketahui milik Jaseni (52), seorang perempuan warga Dusun Besulu, Desa Pancing, Kecamatan Parengan, Tuban. Beruntung tidak ada korban jiwa manusia dalam kejadian itu, namun sebanyak 6 ekor kambing yang ada di kandang milik janda tersebut ikut hangus terbakar di dalam kandang itu.

Dari informasi yang dihimpun beritajatim.com, peristiwa kebakaran kandang kambing dan juga sebagian rumah korban itu berawal saat korban Jaseni membakar sampah sisa-sisa pakan kambing di sekitar kandang itu. Pembakaran sisa-sisa pakan kambing di sekitar kandang itu tujuannya untuk membuat pengapian guna menghangatkan kambing.

“Awalnya korban pemilik kandang membakar sampah untuk pengapian atau bediang di depan kandang yang bersebalahan dengan rumahnya. Kemudian korban masuk ke rumah untuk beristirahat,” terang IPTU Gunadi, Kapolsek Parengan, Polres Tuban.

Setelah sekitar satu jam kemudian, tiba-tiba Jaseni mendengarkan suara gaduh dari kambingnya yang persis berada di samping rumahnya tersebut. Lantaran merasa curiga terjadi sesuatu korban langsung bergegas keluar dari dalam rumahnya itu untuk melihat kambing-kambingnya itu.

“Mendengar suara gaduh dari kandang miliknya tersebut dan setelah didekati diketahui bahwa telah terjadi kebakaran di kandang miliknya. Sehingga korban berteriak minta tolong,” tambahnya.

Mendengar teriakan korban yang meminta tolong, sejumlah warga yang saat itu sedang istirahat siang di rumah masing-masing langsung bergegas membantu untuk memadamkan api yang membakar kandang itu. Api dengan cepat membesar dan membakar kandang kambing itu serta merembet membakar sebagian atap bagian samping rumah korban itu.

“Akibat peristiwa kebakaran itu adalah terbakarnya satu bangunan kandang beserta 6 ekor kambing milik Jasemi dan rumah korban juga terbakar pada sebagian atapnya yang bersebelahan dengan kandang. Total kerugian ditaksir sekitar Rp 70 juta,” papar Kapolsek Parengan itu.

Sementara itu, api berhasil dipadamkan oleh sejumlah warga yang berusaha membatu untuk memadamkan api yang dengan cepat membesar itu. Selanjutnya satu unit kendaraan dari PMK Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tuban diterjunkan ke lokasi guna memadamkan api melakukan pembasahan untuk memastikan bahwa api benar-benar padam.[mut/kun]


Apa Reaksi Anda?

Komentar