Peristiwa

Kandang Ayam di Semanding Tuban Ludes Terbakar

Tuban (beritajatim.com) – Peristiwa kebakaran Kandang Ayam Potong berukuran besar yang ada di Desa Prunggahan Wetan, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban akhirnya baru benar-benar bisa dipadamkan setelah petugas PMK dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tuban selama sekitar 4 melakukan pemadaman dan juga pembasahan, Rabu (5/8/2020).

Pemadaman kebakaran kadang ayam tersebut berlangsung lama lantaran kondisi kendaraan PMK besar tidak bisa masuk ke dalam lokasi kebakaran tersebut. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu, lantaran saat kejadian kadang ayam itu dalam kondisi kosong.

Data yang dihimpun beritajatim.com, bara api dari sisa-sisa kebakaran di kandang ayam milik H Tarsilan, warga Desa Bejagung, Kecamatan Semanding, Tuban itu baru benar-benar padam pada pukul 00.40 Wib dini hari tadi.

Petugas PMK terus berjibaku memadamkan api dengan menggunakan 2 truk tangki suplay air yang belasan kali bolak-balik mengisi mobil PMK yang melakukan penyemprotan.

“Untuk apinya sendiri yang membakar kandang itu dalam waktu sekitar satu jam setengah sudah berhasil dipadamkan. Kemudian dilanjutkan pembasahan yang cukup lama, karena tempatnya luas,” terang Yudi Irwanto, Kalaksa Badan Penanggulangan Bencana Daerahb(BPBD) Tuban saat berada di TKP.

Yudi menambahkan, bahwa dalam kejadian kebakaran kadang ayam milil Pak Haji tersebut tidak sampai ada korban jiwa. Pasalnya, selama ini kandang ayam dengan kapasitas 30 ribu ekor tersebut sudah dikosongkan selama beberapa bulan terakhir lantaran adanya Covid-19.

“Ini kandang dalam keadaan kosong. Dari keterangan pemilik memang sejak adanya Pandemi Covid-19 ini kandang tidak beroperasi,” tambahnya.

Sementara itu, belum diketahui secara pasti apa penyebab dari kebekaran yang menghanguskan kandang ayam yang lokasinya dikelilingi pagar tembok itu. Pasalnya, sejumlah warga dan juga saksi-saksi baru tahu jika kadang ayam itu terbakar saat api sudah berkobar membesar membakar sebagian kandang tersebut.

“Kalau penyebabnya kebakaran masih belum diketahui,” pungkasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, sejumlah warga yang tinggal di Desa Prunggahan Wetan, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban digegerkan dengan kebakaran hebat yang menimpa kandang ayam di desa tersebut. Beruntung lokasi kadang tersebut cukup jauh dari lokasi pemukiman warga, sehingga api tidak sampai merembet ke rumah warga.[mut/ted]





Apa Reaksi Anda?

Komentar