Peristiwa

Kali Muangan Sumenep Meluap, 60 Rumah Warga Kebanjiran

Rumah warga yang diterjang banjir luapan Sungai Muangan Sumenep [foto/temmy]

Sumenep (beritajatim.com) – Hujan deras yang mengguyur Sumenep menyebabkan Kali Muangan, Kecamatan Saronggi meluap. Luapan Kali Muangan itupun menggenangi 60 rumah warga setempat.

Kalaksa Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumenep, Wahyu Kurniawan Pribadi mengatakan, Kali Muangan meluap karena intensitas hujan cukup tinggi. Tiga hari berturut-turut Sumenep diguyur hujan. “Apalagi Sabtu kemarin hujannya cukup deras dan waktunya lama. Akhirnya Kali Muangan tidak mampu lagi menampung, dan airnya meluap ke rumah warga,” katanya, Minggu (1/2/2023).

Ia menjelaskan, berdasarkan data sementara anggota BPBD di lapangan, rumah warga yang tergenang air sedikitnya 60 rumah. Selain itu, air Kali Muangan juga menggenangi sawah-sawah warga, juga menggenangi sebagian akses jalan protokol Sumenep-Surabaya, tepatnya di Desa Patean.

“Anggota kami masih di lokasi untuk melakukan asessment atau analisa penyebab dan dampaknya, serta mendata jumlah yang terdampak luapan Kali Muangan,” ujar Wahyu.

60 rumah warga yang terendam luapan air Kali Muangan yakni 22 rumah di Dusun Patean Selatan, Desa Patean, Kecamatan Batuan, dan 38 rumah di Dusun Cemara, Desa Nambakor, Kecamatan Saronggi.

Sedangkan luapan air Kali Muangan di akses jalan utama Sumenep – Surabaya itu membuat antrian panjang kendaraan. Genangan air nyaris setinggi lutut orang dewasa itu membuat cukup banyak sepeda motor yang mogok dan harus dievakuasi dengan mobil pick up milik pemadam kebakaran. [tem/suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar