Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Kali Meluap, 4 Titik Tanggul Jebol, Tambak dan Jalan Raya Turi Lamongan Tergenang

Kondisi air yang menggenangi Jalan Raya Plosowahyu, Lamongan, hingga mengakibatkan lalulintas terganggu, malam ini.
Lamongan (beritajatim.com) – Air Kali Plalangan Lamongan meluap, hingga 4  titik tanggul yang berada di Desa Tambakploso Kecamatan Turi jebol. Kini, lantaran luapan air tersebut, banyak tambak warga setempat yang terdampak, bahkan air juga menggenangi Jalan Raya Plosowahyu, Kecamatan/Kabupaten Lamongan, Jumat (26/11/2021) malam.
“Iya, Kali Plalangan meluap. Tanggul yang berada di Tambakploso 4 titik jebol, tepatnya 1 titik di Dusun Plosolebak, 2 titik di Dusun Gabus, dan 1 titik di Dusun Candipari,” ujar Ketua BPD Tambakploso, Sulistyono saat dikonfirmasi wartawan, Jumat (26/11/2021).
Saat ini, Sulistyono mengatakan, bahkan air juga masuk ke beberapa rumah warga yang berada di dekat tanggul. Oleh karena itu, para warga yang berada di lingkungan tanggul yang jebol ini telah melakukan kerjabakti guna menanggulangi luapan air tersebut.
“Hingga detik ini, belum ada penanganan dari pemerintah, sekarang sudah seperti lautan. Air juga sempat masuk di pemukiman warga yang ada di Dusun Gabus,” imbuh Tio, sapaan akrab Ketua BPD Tambakploso tersebut.
Lebih lanjut, Tio menjelaskan, para warga yang bekerjabakti tersebut secara swadaya melakukan penanganan sementara dengan memasang sejumlah bambu di titik lokasi.
“Warga sawadaya memasang bongkotan (bambu) di lokasi. Ini tambak-tambak warga juga terdampak, padahal kebanyakan sudah diisi ikan dan udang semua, ini banjir yang kedua, setelah 3 minggu lalu juga terjadi,” terangnya.
Kondisi air yang menggenangi Jalan Raya Plosowahyu, Lamongan, hingga mengakibatkan lalulintas terganggu, malam ini.
Sementara itu, luapan air yang menggenangi Jalan Raya Plosowahyu tersebut juga sempat membuat lalu lintas setempat macet. Dari informasi yang didapatkan, ketinggian air mencapai 20-30 cm.
“Iya mas, ini macet, para pengguna jalan berjalan pelan-pelan, karena banjir, tanggulnya jebol,” kata Heri, salah satu warga setempat yang berada di Jalan Raya saat dihubungi.
Sekadar diketahui, luapan air Kali Plalangan ini terjadi lantaran tingginya curah hujan yang terus melanda wilayah Lamongan, sehingga tanggul di kawasan tersebut jebol, lantaran tak mampu menampung air kali.[riq/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Monstera Cafe, Tempat Kopi Hits di Puncak Kota Batu

APVI Tanggapi Soal Kenaikan Cukai Rokok Elektrik

Anoa Dataran Rendah Koleksi KBS Mati