Peristiwa

Kali Lamong Meluap Lagi, Ratusan Rumah Warga Terendam Banjir

Gresik (beritajatim.com) – Sempat surut sejenak, Kali Lamong kini meluap lagi. Akibatnya, kecamatan di wilayah Gresik Selatan yakni Kecamatan Cerme terendam banjir. Sebelumnya, banjir serupa juga menggenangi Kecamatan Benjeng dan Balongpanggang yang menyebabkan ratusan rumah warga terendam.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemkab Gresik, Tarso Sagito menuturkan, berdasarkan laporan yang masuk terdapat 3 Desa yang terendam yaitu, Morowudi, Dungus, Gurang Anyar, dan Iker-Iker Geger.

“Akibat banjir itu, sedikitnya ada 270 rumah warga terendam banjir dengan ketinggian air antara 15 sampai 20 centimeter. Kemudian jalan lingkungan dan poros Desa yang ada terendam banjir dengan ketinggian air mulai 15 sampai 25 sentimeter,” tuturnya, Jumat (10/04/2020).

Jalan lingkungan, dan poros Desa sepanjang 2.330 meter telah terendam banjir dengan tinggi genangan mencapai 10 sampai 50 centimeter. Kemudian sawah dan tambak milik warga di Kecamatan Cerme ikut terendam. Diperkirakan ada 90 hektar dan 55 hektar tambak terendam banjir.

“Sebelumnya ada 6 Desa di Kecamatan Benjeng. Yakni, Sedapurklagen, Lundo, Deliksumber, Kedungrukem, Munggugianti, dan Bulurejo juga terendam. Ditambah Desa Kedungrukem, Munggugianti, Bulurejo, dan Klampok,” tandasnya. [dny/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar