Peristiwa

Kali Lamong Meluap, 2 Desa di Mojokerto Terendam

Anggota Koramil Dawarblandong membantu mengevakuasi gabah milik warga. [Foto: istimewa]

Mojokerto (beritajatim.com) – Hujan deras yang menguyur sejumlah wilayah di Mojokerto menyebabkan debit Kali Lamong di Kecamatan Dawarblandong, Kabupaten Mojokerto, meluap, Jumat (12/3/2021) malam. Akibatnya puluhan rumah di dua desa yang ada di kecamatan tersebut terendam.

Hujan yang menguyur di wilayah Kecamatan Dawarblandong dengan intensitas tinggi terjadi sejak Jumat sore. Sekira pukul 19.00 WIB, debit Kali Lamong meluap ke pemukiman warga dan merendam dua desa. Yakni Dusun Talun Brak, Desa Talun dan Dusun Klanting, Desa Pulorejo.

Di Dusun Talun Brak RT 01 RW 01 Desa Talun, sedikit sebanyak 20 rumah warga terendam air dengan ketinggian sekitar 40 cm. Sementara di Dusun Klanting RT 01 RW 11 Desa Pulorejo, sebanyak lima rumah warga terendam air dengan ketinggian sekitar 40 cm.

TNI/Polri bersama Tim Relawan dan Tim Reaksi Cepat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (TRC BPBD) Kabupaten Mojokerto yang berada di lokasi langsung membantu warga terdampak. Petugas membantu mengevakuasi barang-barang untuk dibawa ke tempat yang lebih aman.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Mojokerto, Muhammad Zaini mengatakan, debit Kali Lamong meluap dan masuk ke pemukiman warga. “Di Dusun Klanting, Desa Pulorejo warga mulai mengevakuasi barang-barang. Seperti gabah, ini lantaran warga baru saja panen,” ungkapnya.

Tumpukan glansing (karung plastik) berisi gabah (butiran padi, red) yang ada di dalam rumah dievakuasi warga ke tempat yang lebih aman. Tak hanya gabah, sejumlah barang berharga milik warga juga dievakuasi karena hingga pukul 22.00 WIB kondisi air masih belum menunjukkan tanda-tanda surut.

“Banjir yang terjadi di Kecamatan Dawarblandong merupakan bencana alam tahunan yang disebabkan oleh luapan Kali Lamong. TRC BPBD bersama Tim Relawan, TNI/Polri masih stand by di lokasi dan membantu warga mengevakuasi barang-barang milik warga,” katanya. [tin/suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar