Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Kalah Pilkades, Kandidat Blokade Jalan di Sumberjambe Jember

Dua bidang tanah di Desa Plerean, Kecamatan Sumberjambe, Kabupaten Jember, Jawa Timur, diblokade. [foto: istimewa]

Jember (beritajatim.com) – Dua bidang tanah yang menjadi jalan di Dusun Masjid Utama dan Dusun Ragang, Desa Plerean, Kecamatan Sumberjambe, Kabupaten Jember, Jawa Timur, diblokade dengan menggunakan pagar pohon pisang dan sengon.

Pemblokadean jalan itu dilakukan pada Senin (29/11/2021) oleh warga berinisial S, calon kepala desa yang kalah dalam pilkades. “Karena kalah dalam pilkades dan ada indikasi yang menempati tanah (yang diblokade) itu tidak memilih dia, dia meluapkan emosi dengan memagar (bidang tanah) tadi,” kata Kepala Kepolisian Sektor Sumberjambe Ajun Komisaris Istono, Selasa (30/11/2021).

Kebetulan status tanah yang diblokade itu memang tengah bermasalah secara hukum. Gara-gara pemblokadean tadi ada empat rumah termasuk pondok pesantren di Dusun Ragang. Sementara di Dusun Masjid, ada satu rumah terdampak. Korban pemblokiran jalan bernama Mahfud lantas melapor ke polisi.

“Akhirnya saya dan Muspika berembuk mencari jalan keluar. Status tanah belum jelas dan otomatis yang saat ini yang menempati adalah yang berhak. Kalau ada orang lain menanami berarti mengklaim,” kata Istono.

Polisi dan muspika lantas mengumpulkan semua pihak yang berkonflik. “Komunikasi secara kekeluargaan tidak mengurangi proses hukum masalah tanah. Persoalan status tanah silakan dibuktikan di pengadilan. Namun orang yang melaporkan (perbuatan S ke polisi) sudah mau mencabut laporan tersebut,” kata Istono. [wir/suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Monstera Cafe, Tempat Kopi Hits di Puncak Kota Batu

APVI Tanggapi Soal Kenaikan Cukai Rokok Elektrik

Anoa Dataran Rendah Koleksi KBS Mati