Peristiwa

Kaki Pelaku Spesialis Curanmor Nyambi Jambret Ditembak Polisi

foto:ilustrasi

Surabaya (beritajatim.com) – Pelaku spesialis pencurian motor yang juga nyambi jembret, terpaksa dilumpuhkan kaki kirinya oleh tim Jatarnas Polrestabes Surabaya. Apalagi, pelaku yang diketahui bernama Faisol Arifin (30), warga Boto Putih Surabaya ini, tergolong nekat saat menjalankan aksinya.

“Pelaku tak hanya mencuri sepeda motor, tapi juga menjambret, baik itu perhiasan atau ponsel. Pelaku kita tembak kakinya karena melawan untuk melarikan diri,” jelas Kanit Jatanras, Iptu Bima Sakti, Rabu (28/8/2019).

Faisol (30) pelaku oencurian dan oenjambretan lemas terkapar karena tertembak kakinya usai melawan petugas Polrestabes Surabaya.(istimewa)

Iptu Bima menambahkan, dalam menjalankan aksi jambret, pelaku menyasar korban khususnya wanita saat berkendara sendirian. Jika melihat sasaran atau calon korban, pelaku yang bekerja bersama rekannya ini, kompak dan rapi membagi peran.

Tak hanya joki dan eksekutor pengambilan barang emas, ponsel atau tas, peran lain untuk rekan Faisol juga menjalankan aksi dengan membuka jalan. “Jadi perannya berbeda-beda dan ada yang bekerja untuk memperlancar laju kendaraan pelaku supaya bisa melarikan diri dengan cepat,” lanjutnya.

Jika pencarian korban jambret sepi atau susah, lanjutnya, para pelaku juga melakukan pencurian motor. Tak tanggung-tanggung, para pelaku sudah beraksi cukup banyak. Menurut hasil interogasi atas pengakuan pelaku, mereka sudah mencuri motor sebanyak tujuh kali. “Itu baru pengakuan dari pelaku atau seingatan pelaku. Bisa juga banyak lagi Tempat Kejadian Perkara (TKP) pencurian lainnya,” papa Iptu Bima.

Atas tindakan pelaku, pelaku akan dijerat dengan UU KUHP pasal 365 dan 363. Dari tangan tersangka, petugas berhasil mengamankan kunci T, satu unit sepeda motor dan rekaman kamera pengintai. “Untuk sementara pelaku lain masih dalam DPO. Jadi rekan pelaku kita harapkan secepatnya bisa menangkap pelaku lain yang ikut serta dalam pencurian dan penjambretan,” tandasnya. (man/kun)



Apa Reaksi Anda?

Komentar