Peristiwa

Kakek 92 Tahun Jadi Calon Jemaah Haji Tertua Kota Malang

Malang (beritajatim.com) – Haki, warga Jalan Jodipan Wetan, Gang 1, Kota Malang, Jawa Timur, menjadi calon jemaah haji tertua Kota Malang. Di usia ke 92 tahun dia berkesempatan berangkat menunaikan ibadah haji ke tanah suci.

Haki tergabung dalam kloter 16 calon jemaah haji Kota Malang. Dia bakal berangkat menunaikam rukun islam ke lima bersama istrinya Satuni (70 tahun) pada Kamis (11/7/2019). “Saya daftar tahun 2014, tapi baru berangkat  2019. Tahun kemarin saya diminta untuk pengajuan lagi, akhirnya tahun ini saya berangkat bersama istri,” kata Haki, Jumat (5/7/2019).

Haki adalah penjual pakaian di pasar hewan. Dia berjualan keliling sejak bujangan alias belum menikah. Tempat berjualannya berganti-ganti, menyesuaikan jadwal pasar hewan yang ada. Dia biasanya berjualan di Nongkojajar, Pasuruan, Wlingi dan Kesamben, Blitar. Dari berjualan pakaian itulah dia bisa menghidupi 10 anak hingga menunaikan ibadah haji.

Dengan waktu yang semakin dekat jadwal keberangkatan, dia berharap kelak sepulang dari tanah suci menjadi haji yang mabrur. Selama sebulan dia mempersiapkan diri sebaik mungkin, dengan jalan-jalan hingga mengkonsumsi vitamin agar tubuh tetap fit.

“Senang, bersyukur bisa menunaikan ibadah haji. Sudah sebulan saya libur jualan. Saya ingin fokus mempersiapkan diri sebelum berangkat haji. Dengan minum vitamin dan melatih jalan-jalan agar terbiasa di sana (tanah suci),” tandasnya. [luc/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar