Iklan Banner Sukun
Peristiwa

KAHMI: Pemkab Jember Perlu Perbaiki Kinerja dan Berhati-hati

Narto, presidium KAHMI Jember.

Jember (beritajatim.com) – Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) meminta Pemerintah Kabupaten Jember, Jawa Timur, agar memperbaiki kinerja dan berhati-hati. Saran ini tertuang dalam surat rekomendasi untuk DPRD Jember yang sedang membahas Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Tahun Anggaran 2021.

“Kinerja Pemkab perlu diperbaiki, mulai dari proses penyusunan sampai pelaksanaan APBD 202. Hampir di semua bidang perlu ada perbaikan, khususnya bidang kesehatan, pendidikan dan infrastruktur, ekonomi,” kata Narto, presidium KAHMI Jember.

KAHMI Jember berharap pemkab lebih hati- hati dan tetap berpedoman pada aturan yang ada dalam penyusunan sampai pelaksanaan APBD.

“Kegaduhan sejumlah masalah seperti kasus pemakaman covid, polemik klengkeng, polemik pemecahan paket- paket proyek, menjadi warning bagi pemkab untuk lebih berhati-hati dalam mengelola APBD,” kata Narto, Kamis (7/4/2022).

Sementara itu, Ikatan Keluarga Alumni Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (IKA-PMII) dalam saran tertulisnya menyimpulkan, LKPJ Bupati 2021 tak sepenuhnya terang dalam menyampaikan laporan fakta yang kompleks.

“LKPJ hanya berupa laporan akumulasi serapan keuangan daerah tanpa menyertakan paparan capaian spesifik yang relevan antara penggunaan anggaran terhadap indikator kinerja utama berdasarkan perencanaan jangka menengah; perencanaan tahunan; penyusunan dokumen penetapan kinerja; pelaporan akuntabilitas kinerja; evaluasi kinerja perangkat daerah; dan pemantauan pengendalian kinerja pelaksanaan program maupun kegiatan-kegiatan,” kata Sutrisno, Sekretaris IKA-PMII Jember.

Edi Cahyo Purnomo, anggota Panitia Khusus DPRD Jember, juga menilai sistematika LKPJ Bupati 2021 tidak ideal dan tidak sesuai harapan. “LKPJ Bupati hanya copy paste DPA (Dokumen Pelaksanaan Anggaran) 2021 Tapi di situ tidak dijelaskan mana keberhasilan dan mana yang belum. Masih jauh dari kata sempurna,” katanya. Tanpa ada rincian seperti itu, tidak jelas apa yang harus diperbaiki pada tahun berikutnya. [wir/ted]


Apa Reaksi Anda?

Komentar