Peristiwa

Efek Posting Kebencian di Medsos

Kader NU Demo Polres Pamekasan

Pamekasan (beritajatim.com) – Sejumlah kader Nahdlatul Ulama (NU) Pamekasan bersama santri dari berbagai pondok pesantren di wilayah setempat, menggelar aksi unjukrasa di Mapolres Pamekasan, Jl Stadion 81, Minggu (4/10/2020).

Aksi tersebut dilakukan dalam rangka mendesak aparat kepolisian agar segera menangkap pemilik akun salah satu jejaring media sosial (medsos), Muhammad Izzul. Karena yang bersangkutan memposting status yang disinyalir mengandung unsur kebencian dan fitnah terhadap Ketua PCNU Pamekasan, KH Taufik Hasyim.

“Aksi ini sebagai bentuk dukungan kami kepada kiai kami, sekaligus meminta aparat kepolisian untuk segera mengusut tuntas dan menangkap pemilik akun facebook Muhammad Izzul yang telah menghina kiai kami,” kata salah satu orator aksi, Muklis.

Selain itu pihaknya mengaku sudah melaporkan sang pemilik akun kepada aparat kepolisian, khususnya soal status tidak terpuji dengan menyerang secara personal pimpinan oragnisasi dengan basis massa yang massif. “Usut tuntas dan tangkap pemilik akun facebook Muhammad Izzul,” tegasnya.

Hal senada juga disampaikan salah satu orator lainnya, Taufiqurrahman yang menilai aparat kepolisan relatif mudah mengungkap identitas pemilik akun di jejaring medsos. Utamanya seiring dengan keberadaan tim cyber di instansi korp baju cokelat yang bertugas memantau aktivitas dunia maya.

“Polisi mempunyai perangkat, anggaran dan SDM (Sumber Daya Manusia) untuk mengungkap dan menangkap pemilik akun Muhammad Izzul. Dari itu kami mendesak agar dalam waktu sesingkat-singkatnya segera ditangkap dan diproses secara hukum,” pungkasnya.

Informasi yang dihimpun beritajatim.com, pemilik akun atas nama Muhammad Izzul memposting ujaran kebencian dan fitnah terhadap KH Taufik Hasyim dengan memuat sebuah link berita dengan membumbuhi keterangan “simpatisan PKI sejak dulu”.

Hanya saja saat ini, postingan tersebut sudah dihapus dari akun yang bersangkutan. Sekalipun kembali diposting oleh salah satu pengguna akun lain yang disinyalir sebagai bukti berupa screen shot di dinding akun facebook Muhammad Izzul. [pin/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar