Peristiwa

Jumlah Warga Tlogomas Malang Terpapar Covid-19 Bertambah Jadi 21 Orang

Tes swab PCR di perumahan Permata Hijau dan Bukit Hijau, Tlogomas, Kota Malang.

Malang (beritajatim.com) – Hasil swab antigen massal kepada warga Perumahan Bukit Hijau dan Permata Hijau, Tlogomas, Kota Malang, 3 orang dinyatakan positif Covid-19. Dengan hasil ini, total 21 warga setempat positif Covid-19 setelah sebelumnya 18 orang terkonfirmasi positif.

Wali Kota Malang, Sutiaji melihat langsung proses swab antigen massal di Balai RW setempat. Awalnya 34 orang yang akan di swab tetapi setelah melihat jumlah warga kontak erat cukup banyak akhirnya diputuskan 60 orang di swab antigen.

“Dilakukan swab antigen massal. Yang positif ada tambahan tiga. Total 18 ditambah 3 ada 21 yang positif saat ini,” ujar Sutiaji.

Sutiaji mengatakan, langkah yang dilakukan Pemkot Malang mulai dari swab antigen massal. Lalu, melakukan sterilisasi dengan penyemprotan desinfektan di lingkungan sekitar. Merujuk warga isolasi mandiri ke Safe House dan RS Lapangan Idjen Boulevard. Hingga, mendeteksi jenis virus Covid-19 yang menyerang warga.

“Nanti dilaporkan jenis mutasinya yang mana, virusnya yang mana. Sehingga kita nanti mampu mendeteksi,” kata Sutiaji.

Ketua RW setempat, Adam Wiryawan menduga penyebaran Covid-19 berasal dari klaster Masjid Al-Waqar di komplek perumahan. Kasus ini diduga bermula pada dua pekan Ramadhan. Saat itu ada warga yang terindikasi positif tetapi tidak melaporkan ke warga. Lalu berlanjut di keluarga lainnya hingga di test swab PCR dan antigen diketahui 18 orang positif Covid-19.

“Tetapi keluarga pertama ini menutupi hingga muncul lah keluarga kedua dan seterusnya yang terpapar Covid-19. Untuk keluarga kedua ini mereka jarang pergi keluar rumah apalagi keluar kota tidak pernah. Dugaan sementara dari masjid, 5 orang positif sesuai PCR sisanya swab antigen,” tandas Adam. [luc/suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar