Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Jubir Satgas Covid-19 Pastikan Omicron Sudah Masuk Jatim

Virus Covid-19 (foto : Fusion Medical Animation, Unsplash)

Surabaya (beritajatim.com) – Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Jatim, dr Makhyan Jibril Al-Farabi memastikan bahwa Covid-19 varian omicron sudah terdeteksi di Jatim.

“Sebagaimana sudah disampaikan ITD Unair, varian omicron sudah terdeteksi di wilayah Jawa Timur. Ini memang tak terelakkan karena salah satu karakter varian ini adalah penularannya sangat cepat,” kata dr Jibril panggilan akrab dr Makhyan Jibril Al-Farabi kepada beritajatim.com, Minggu (2/1/2022).

“Kita harus waspada, tapi jangan perkembangan ini membuat kita panik. Sejauh ini varian omicron belum menunjukkan karakter yang membahayakan nyawa pasien, terutama pasien yang sudah mendapatkan vaksin,” imbuhnya.

Dia menyarankan, saat ini yang harus dilakukan adalah bersama-sama berupaya sekuat tenaga agar varian omicron tidak meluas di Jawa Timur. “Artinya, jangan sampai terjadi penularan lokal,” tegasnya.

Sekadar diketahui, Kepala Institute of Tropical Disease Universitas Airlangga (ITD Unair) Surabaya, Prof Maria Inge Lusida memastikan bahwa ditemukan satu sampel pasien terinfeksi Covid-19 varian omicron di Jatim. Kepastian ini didapat dari hasil Whole Genome Sequencing (WGS) yang keluar pada Sabtu (1/2/2022) malam.

Direktur RSU dr Soetomo Surabaya sekaligus Ketua Tim Kuratif Satgas Penanganan Covid-19 Jatim, dr Joni Wahyuhadi memastikan bahwa RSU dr Soetomo hingga hari ini belum menerima atau merawat pasien Covid-19 varian omicron tersebut. “Belum ada pasien omicron di Soetomo,” tukasnya singkat.

Pesan berantai dari dr Joni Wahyuhadi menghiasi group WA jurnalis yang disampaikan Kepala Biro Administrasi Pimpinan Setdaprov Jatim Ali Kuncoro. “Bapak Ibu semuanya…mohon dengan hormat Prokes ditingkatkan ..oleh karena omicron sdh terdeteksi di sekitar kita. Sehat selalu kita semua”. [tok/suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar