Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Jokowi Datangi Pengungsi Gunung Semeru

Lumajang (beritajatim.com) – Presiden Joko Widodo meninjau dapur umum  di Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Selasa (7/12/2021).

Presiden datang bersama Gubernur Khofifah Indar Parawansa, Kepala BNPB, Kapolri, dan sejumlah menteri. Selain meninjau, ia juga membagi bantuan berupa makanan siap saji dan pakaian untuk pengungsi. Dari dapur umum, Jokowi bertolak ke Kampung Renteng.

Kebutuhan logistik pengungsi korban erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, terus berkembang. Dinas Sosial Jatim bekerja keras agar tak ada pengungsi yang kelaparan.

Dapur umum di Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro awalnya memasok 800 nasi bungkus sebanyak tiga kali dalam sehari. “Mulai kemarin meningkat mendekati tiga ribu (nasi bungkus) dalam sehari. Seribu pagi, seribu siang, seribu malam,” kata Kepala Dinsos Jatim Alwi.

Saat ini posisi pengungsi tersebar. Petugas mendistribusikan makanan ke lokasi-lokasi pengungsian. Namin Alwi berharap, pengungsi yang masih sehat dan kuat bisa memberikan informasi keberadaan mereka. “Kami menyiapkan kebutuhan mereka. Jangan sampai ada pengungsi yang tidak makan,” katanya.

Selain relawan dari sejumlah elemen seperti Tagana dan TKSK, warga setempat juga membantu dapur umum. TNI bertugas memasak nasi dan relawan memasak lauk. Warga sangat membantu karena mengetahui kondisi lapangan. “Kami juga melibatkan kepala desa,” kata Alwi.

Menurut Alwi, gubernur menekankan agar bantuan makanan yang diberikan ke pengungsi benar-benar layak. “Mereka diorangkan. Paling tidak di situ ada nasi, telur, ikan,” katanya. [wir/but]


Apa Reaksi Anda?

Komentar