Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Jokowi Ajak Masyarakat Mudik Lebih Awal Hindari Kemacetan

Presiden Joko Widodo turun dari pesawat saat tiba di Bandara Trunojoyo (Foto: Temmy P/Beritajatim.com)

Sumenep (beritajatim.com) – Presiden Joko Widodo mengajak masyarakat untuk mudik lebih awal. Ini untuk mengantisipasi kemacetan saat puncak arus mudik yang diprediksi terjadi pada 28-30 April 2022.

“Mulai tanggal 28 April itu akan ada lonjakan jumlah kendaraan pemudik. Karena itu, saya mengajak masyarakat untuk mudik lebih awal, demi menghindari kemacetan,” ujar Jokowi saat meresmikan Bandara Trunojoyo di Kabupaten Sumenep, Rabu (20/4/2022).

Jokowi mengatakan dari data yang dia terima, bakal ada 23 juta mobil pribadi digunakan untuk mudik. Sementara jumlah sepeda motor akan mencapai 17 juta unit.

“Ini bukan angka yang kecil,” ujar Presiden.

Pemerintah berupaya mengurangi kemacetan dengan melakukan beberapa langkah. Di antaranya rekayasa lalu lintas dengan beberapa skenario meliputi ganjil genap, satu arah atau one way, dan melarang truk masuk ke tol atau jalan nasional yang digunakan pemudik.

“Tapi beberapa langkah itu belum menjamin tidak akan terjadi kemacetan, karena memang angka kendaraan yang melintas ini terlalu besar,” kata Jokowi.

Terkait hal ini, Jokowi mengimbau masyarakat yang melalui jalur darat agar mudik lebih awal jika memungkinkan. Sehingga pemudik tidak terjebak kemacetan.

Sementara jalur udara dan kereta api, Jokowi memprediksi tidak akan sepadat jalur darat. (tem/beq)


Apa Reaksi Anda?

Komentar