Peristiwa

Jembatan Widang-Babat Dibongkar, Kendaraan Berat Dialihkan ke Jalan Daendles

Tuban (beritajatim.com) – Proyek pembangunan untuk perbaikan jembatan cincim Widang-Babat yang ada di Kecamatan Widang, Kabupaten Tuban berbatasan dengan Kecamatan Babat, Lamongan sudah dimulai sejak kemarin dengan tahapan awal dilakukan pembongkaran jembatan yang merupakan akses jalan nasional tersebut.

Dengan mulai dikerjakannya proyek jembatan yang menyeberangi Bengawan Solo itu untuk kendaraan besar atau truk bermuatan berat yang dari Semarang menuju Surabaya sudah mulai resmi dialihkan. Sedangkan untuk bus penumpang umum dan mobil kecil masih bisa melewati jembatan Widang-Babat itu, Rabu (11/3/2020).

Pantauan beritajatim.com di lapangan, pemberlakuan pengalihan arus lalu lintas kendaraan besar yang akan menuju Surabaya itu dilakukan dari simpang tiga manunggal utara Kota Tuban. Truk-truk besar mulai melewati Kecamatan Palang, Tuban, Kecamatan Paciran, Lamongan, Sedayu Gresik, hingga sampai Surabaya.

Sebelum dilakukan pengalihan arus itu, pihak Kepolisian dari jajaran Polres Tuban sendiri juga sudah melakukan sosialisasi rekayara pengalihan arus lalu lintas itu. Petugas Sat Lantas Polres Tuban bersama dengan Dinas Perhuhubungan (Dishub) Tuban juga telah disiagakan di titik pengalihan arus dengan dibuatkan pos sementara.

 

“Untuk kendaraan berat dari arah Semarang yang akan ke Surabaya sudah kita alihkan lewat jalan daendles. Sebelumnya sudah dilakukan tahap sosialisasi,” terang AKBP Ruruh Wicaksono, Kapolres Tuban.

Kapolres menambahkan bahwa jika masih ada sopir kendaraan berat yang nekat lewat jembatan cincim Widang-Babat itu, maka diimbau untuk kembali agar tidak menerobos sebagaimana aturan yang sudah ditetapkan. Pasalnya untuk jembatan yang difungsikan adalah jembatan lama yang ada di sisi barat.

“Yang tidak boleh melintas hanya kendaraan berat, kalau untuk yang sedang dan kendaraan penumpang masih dibolehkan. Untuk jembatan cincin barat masih berlaku sistem dua arah,” terang AKBP Ruruh Wicaksono.

Sementara itu, berdasarkan data yang dihimpun bahwa pelaksanaan proyek pembangunan jembatan Widang-Babat sebagai akses jalan nasional di jalur pantura itu memakan waktu selama 305 lima hari. Yakni dengan hitungan awal proyek mulai Bulan Februari sampai dengan Bulan Desember 2020 ini.[mut/ted]





Apa Reaksi Anda?

Komentar