Peristiwa

Jembatan KA di Brebes Putus, Jadwal Kereta Daop 8 Normal

Bojonegoro (beritajatim.com) – Putusnya Jembatan Rel Kereta Api (KA) pada KM 305/56 jurusan Jakarta – Purwokerto di Dukuh Timbang, Desa/Kecamatan Tonjong, Kabupaten Brebes tidak berpengaruh banyak terhadap jadwal kereta api di Daop 8 jurusan Surabaya – Jakarta.

Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 8 Surabaya Suprapto mengatakan, dari sembilan jadwal kereta api (KA) penumpang yang beroperasi setiap hari dari Daop 8 Surabaya – Jakarta, hanya ada satu jadwal yang mengalami keterlambatan.

“Kereta Api Gajayana Gambir – Malang yang seharusnya tiba di stasiun 11.50 WIB terlambat 185 menit. Sedangkan untuk jadwal kereta api yang lain masih tepat waktu,” ujarnya dihubungi reporter beritajatim.com, Selasa (12/1/2021) sore.

Putusnya jembatan KA tersebut, lanjut Suprapto, tidak menggangu jalur kereta api penumpang dari Surabaya – Jakarta. Sedangkan, kereta api penumpang sendiri selama masa Pandemi Covid-19 tidak semuanya beroperasi setiap hari (reguler). Beberapa kereta api hanya beroperasi sesuai dengan pangsa pasar.

“Sekarang (masa Pandemi Covid-19) yang reguler hanya ada sembilan kereta api penumpang, lainnya jadwal menyesuaikan pasar,” jelasnya.

Sembilan kereta api penumpang yang masih beroperasi setiap hari jurusan Surabaya – Jakarta yakni, KA Anggrek Pagi, Anggrek Malam, KA Gajayana, KA Bima, KA Kertajaya, KA Darma Wangsa, KA Jayakarta, KA Jayabaya, dan KA Matarmaja.

Sekadar diketahui, putusnya jembatan rel kereta api jalur utama jalur Surabaya – Jakarta di Desa/Kecamatan Tonjong Kabupaten Brebes itu terjadi pada Senin 11 Januari 2021 malam. Putusnya jembatan tersebut diduga pilar penyangga jembatan rel kereta api tergerus arus sungai yang banjir.

Akibatnya, pilar penyangga dari hulu nomor 2 dengan tinggi pilar 22 meter dan panjang jembatan rel kereta api sekitar 50 meter putus. [lus/suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar