Peristiwa

Jembatan Glendeng Kembali Dibuka, Roda Ekonomi Berputar Lagi

Bojonegoro (beritajatim.com) – Akses Jembatan Glendeng yang menghubungkan antara Kabupaten Bojonegoro dengan Kabupaten Tuban kembali dibuka. Akses jembatan yang membentang di atas Sungai Bengawan Solo itu dibuka khusus untuk pengendara roda dua dan pejalan kaki.

Pembukaan akses jalan tersebut setelah mendapat rekomendasi dari Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Jawa Timur yang diberikan kepada Dinas Perhubungan (Dishub) dan Satlantas Polres Bojonegoro.

“Atas rekomendasi tersebut, jembatan dinyatakan masih bisa dilalui kendaraan roda dua,” ujar Kasat Lantas Polres Bojonegoro, AKP Heru Sudjio, Selasa (10/11/2020).

Pembukaan akses bagi sepeda motor dan pejalan kaki itu sembari menunggu pengkajian dan pengerjaan perbaikan tanggul penahan jembatan yang sempat longsor. Saat ini, pekerjaan perbaikan penahan jembatan masih berlangsung. Jika dinyatakan sudah memenuhi standar dengan kapasitas yang ada maka akan dibuka total.

“Pembukaan akses untuk roda dua dan pejalan kaki ini belum tahu sampai kapan, karena masih menunggu hasil pengkajian lanjutan sampai dinyatakan normal sesuai dengan kapasitas yang ada,” ungkapnya.

Sementara salah seorang pengguna jalan Yodi asal Desa Bungkal, Kecamatan Balen, Kabupaten Bojonegoro yang akan ke Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban merasa terbantu dengan adanya pembukaan kembali akses jembatan untuk sepeda motor.

“Saat aksesnya jembatan masih ditutup ya muter lewat Desa Menilo. Tapi memakan waktu lebih panjang dan jauh. Sedangkan jika melewati jembatan ini lebih dekat,” jelasnya.

Sebenarnya ada akses lain selain melintasi jembatan, yakni menggunakan jasa penyeberangan perahu tradisional. Baik dari Kecamatan Balen, maupun Kecamatan Kanor. Namun, dia mengaku tidak berani, apalagi jika kondisi air sungai Bengawan Solo meluap.

Sehingga, hampir setiap hari dia memilih melintasi jembatan Glendeng untuk mencari hasil panen berupa pala pendem. Pria berusia 43 tahun itu mengaku sering membeli hasil panen berupa pendem dari daerah Kecamatan Soko, baik di Desa Prambontergayang, Alas Tua, dan sekitarnya. [lus/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar