Peristiwa

Jembatan di Desa Grenden Jember Ambruk Belum Bisa Diperbaiki

Foto jembatan di Grenden yang rusak (kiriman dari pembaca)

Jember (beritajatim.com) – Jembatan di Desa Grenden, Kecamatan Puger, Kabupaten Jember, Jawa Timur ambruk. Namun perbaikan belum bisa segera dilakukan karena terkendala beberapa hal.

Kepala Desa Grenden Titis Puspaningrum mengatakan, jembatan di Dusun Kumitir itu ambruk tahun lalu. “Jembatan itu memang benar-benar dibutuhkan masyarakat. Itu akses jalan untuk pertanian, anak sekolah, dan kebutuhan masyarakat,” katanya, Selasa (7/5/2019).

Jembatan itu ambruk karena penyangganya roboh. Namun perbaikan tak bisa dilakukan karena jembatan tersebut berada di atas lahan Pabrik Gula Semboro PT Perkebunan Nusantara XI. “Kalau pemerintah desa tidak diperbolehkan (memperbaiki), karena lahan itu bukan aset desa,” kata Titis.

Pemerintah desa sudah mengajukan usulan kepada bupati agar ada perbaikan. “Silaturahmi juga sudah. Kami juga pernah mengajukan pembebasan (aset), belum ada jawaban,” kata Titis.

Namun kendati pemerintah desa bisa membangunnya, besarnya biaya juga menjadi kendala. Titis mengatakan, pemerintah desa memerlukan bantuan untuk membangun kembali jembatan itu jika memang sudah mendapat lampu hijau.

Beritajatim.com mendapat surat dari Iwan Setiawan, warga Desa Grenden, yang mempertanyakan belum adanya perbaikan jembatan tersebut. “Padahal sudah hampir dua tahun kami warga setempat harus putar arah. Kami kasihan sekali kepada warga terutama anak-anak sekolah. Mereka harus memutar jalan untuk sampai ke sekolah. Kami memohon dengan sangat kepada pihak terkait untuk memperhatikan akses jembatan desa kami,” katanya. [wir/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar