Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Jemaah Calon Haji Tambahan Sumenep Bukan Pengganti yang Gagal Berangkat

Sumenep (beritajatim.com) – Sebanyak 4 jemaah calon haji Kabupaten Sumenep dari kuota cadangan, diberangkatkan ke tanah suci pada Jumat (01/07/2022).

Pemberangkatan dilakukan di halaman Pemkab Sumenep. Para tamu Allah itu keberangkatannya dilepas Sekretaris Daerah (Sekda) Sumenep, Edy Rasiyadi.

“Semoga para jemaah selalu mendapat ridho dari Allah. Semoga selalu diberi kesehatan, sehingga bisa menjalankan ibadah haji dengan lancar, dan menjadi haji mabrur,” ucap Edy yang langsung di-Amini seluruh hadirin.

Keempat jemaah calon haji cadangan itu masing-masing bernama Jamaluddin bin Buasin dan Hasanah binti Dulajji, keduanya warga Desa Laok Jangjang, Kecamatan Arjasa, Pulau Kangean. Kemudian Asbah bin Busadi dan Riana binti Murahman, warga Desa Angkatan, Kecamatan Arjasa, Kabupaten Sumenep. Mereka tergabung dalam kloter 38 Embarkasi Surabaya.

Kepala Kantor Kementerian Agama Sumenep, Choironi Hidayat menjelaskan, keempat jemaah cadangan tersebut berangkat setelah mendapat kuota dari pusat.

“Setelah mendapatkan tambahan kuota jemaah dari Pemerintah Arab Saudi, maka Kementerian Agama RI mengatur kuota tambahan tiap Provinsi. Dari Provinsi kemudian mengatur per Kabupaten. Nah, Sumenep kebagian tambahan empat jemaah,” paparnya.

Ia memastikan bahwa keberangkatan jemaah cadangan ini tidak menggantikan jemaah yang gagal berangkat. Keberangkatan mereka murni setelah mendapat tambahan kuota jemaah.

“Jadi bukan secara otomatis mereka ini menggantikan yang gagal berangkat karena umur. Sekali lagi, mereka ini jemaah cadangan yang kemudian bisa berangkat setelah kita mendapat tambahan kuota dari Arab Saudi,” ujarnya. (tem/ted)


Apa Reaksi Anda?

Komentar