Peristiwa

Jelang Tahun Baru, Polres Gresik Gencar Razia Petasan

Gresik (beritajatim.com)– Menjelang tahun baru, jajaran Polres Gresik gencar melakukan razia petasan. Razia itu dimaksudkan guna mengantisipasi maraknya peredaran petasan saat perayaan pergantian tahun baru.

Terkait dengan razia itu, Polres Gresik secara rutin melakukan patroli baik itu di perkotaan maupun di wilayah kecamatan.

Kapolres Gresik AKBP Kusworo Wibowo menuturkan, razia petasan ini dilakukan di sejumlah tempat di Gresik. Diantaranya di sekitar Pasar Kota Gresik dan di beberapa titik penjual petasan di daerah.

“Sementara ini belum ditemukan petasan yang membahayakan. Sebab, saat kami razia beberapa penjual memilih meninggalkan lapaknya. Padahal, mereka berjualan beragam kembang api,” tuturnya, Minggu (29/12/2019).

Menurut Kusworo, sejumlah penjual yang dirazia rata-rata mereka sudah mengantongi surat izin. Kalaupun ada kembang api yang menimbulkan suara, seperti petasan saat disulut api, itu masih pada batas diameter atau jenis petasan yang diizinkan untuk dijual.

“Kami pasti menindak tegas apabila ada penjual atau menimbun petasan di area hukum Polres Gresik,” ungkapnya.

Ia menambahkan, kegiatan razia akan dilakukan intens dengan pola hari dan waktu acak.

“Jangan sampai masyarakat terganggu dan harus merasa terlindungi dan terayomi kapan saja,” imbuhnya.

Selain razia petasan jajaran kepolisian juga akan rutin menggelar razia minuman keras (miras) selama Natal dan Tahun baru. Peredaran miras  harus ditekan dan tidak ada lagi tempat untuk peredaran miras di wilayah Gresik.

“Saya menghimbau untuk tidak segan – segan melaporkan ke polisi jika menemukan penjualan miras maupun petasan,” pungkas Kusworo. (dny/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar