Peristiwa

Jelang Ramadan, Warga Sampang ‘Ngosar’ Makam

Warga membersihkan makam menjelan bulan suci Ramadan

Sampang (beritajatim.com) – Sudah menjadi tradisi setiap menjelang datangnya bulan suci Ramadan, warga Madura, khususnya yang tinggal di Kampung Pababaran, Kelurahan Rongtengah, Kecamatan/Kabupaten Sampang, meluangkan waktunya untuk membersihkan dan mempercantik sekitar makam.

Hal itu dilakukan agar saat Idul Fitri, kerabat jauh yang datang lebih nyaman ketika berziarah dan berdoa di area makam. “Sudah menjadi tradisi, sebab ketika usai salat Idul Fitri, mayoritas langsung ke makam untuk berziarah, makanya kita bersihkan,” kata Junaidi, warga Pababaran, Minggu (11/4/2021).

Lanjut pria yang akrab disapa Adi ini menambahkan, selain membersihkan makam, sebagian juga ada yang memperbarui batu nisan. “Kita cat ulang batu nisan, juga ada yang menganti dengan yang lebih bagus,” imbuhnya.

Pantauan di lokasi, warga yang datang untuk membersihkan makam ini juga berlangsung hingga menjelang akhir Ramadan nanti. Sebab, warga Sampang mampunyai istilah “Ngosar” atau membersihkan makam. Biasanya, dilakukan sepekan sebelum hari raya Idul Fitri. “Nanti menjelang hari raya juga ada Ngosar,” imbuhnya.

Hal senada juga dikatakan oleh Frian, warga yang membersihkan makam di pemakaman umum Jalan Pahlawan. Jika selama bulan Ramadan makam selalu dikunjunggi warga, baik ziarah maupun mengaji untuk ahli kubur. “Tradisi ini harus ditanamkan kepada anak cucu kita, agar manusia ingat dengan kematian,” tandasnya. [sar/suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar