Peristiwa

Jelang Ramadan, Makam Sunan Giri Mulai Dipadati Peziarah

Makam Sunan Giri Gresik saat pandemi covid-19

Gresik (beritajatim.com) – Menjelang Ramadan, pengunjung wisata religi di makam Sunan Giri Gresik mulai dipadati peziarah, kendati pandemi Covid-19 belum berakhir.

Di sepanjang jalan di kawasan terminal parkir Sunan Giri banyak sekali transportasi umum. Malahan, begitu ada lahan kosong, pasti ada bus maupun minibus parkir. Jika dilihat, ada sekitar 40-50 bus besar dan puluhan bus mini parkir. Imbas dari itu lahan parkir untuk kendaraan tidak ada yang kosong.

Begitu pula di jalan arah masuk kawasan makam. Biasanya jalan tersebut tidak diportal. Namun, terlihat ada portal melintang setengah jalan. Pasalnya, sejak malam Nifsu Sya’ban beberapa waktu lalu pengunjung di Makam Sunan Giri cenderung meningkat.

Kondisi ini berbeda di area bawah. Hal ini karena di sekitar makam tersebut tidak begitu padat. Lokasi parkir kendaraan roda dua di area makam pun juga tidak padat. Namun di pendopo terlihat banyak sekali para peziarah melantunkan doa. Baik hanya rombongan keluarga, maupun rombongan dari pondok pesantren.

Juri Kunci Makam Sunan Giri, Zaini (65) menuturkan, sudah menjadi kebiasaan apabila menjelang bulan puasa makam Sunan Giri dibanjiri peziarah. Kunjungan meningkat itu dimulai satu bulan hingga H-1 Bulan Ramadan.

“Biasanya, pengunjung paling banyak datang ketika hari libur. Masih ada satu hari minggu lagi, kemungkinan akan ramai,” tuturnya, Minggu (4/4/2021).

Meski mengalami peningkatan, Zaini mengaku kunjungan itu menurun apabila dibandingkan sebelum pandemi Covid-19. Sebelum pandemi, menjelang puasa bisanya ada 10 ribu pengunjung selama akhir pekan.

“Selama pandemi Covid-19 ini kami terus berupaya menegakan protokol kesehatan. Misalnya, menutup area ruangan Makam Sunan Giri. Pengunjung hanya diperbolehkan ziarah di area pendopo. Waktu berdoa pun juga kami batasi hanya 15 menit,” ungkapnya. [dny/suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar