Peristiwa

Jelang Natal, Petugas Razia Kendaraan ODOL

Gresik (beritajatim.com) – Puluhan kendaraan angkutan barang berupa truk baik kecil maupun besar harus menepi sejenak di Jalan Raya Simpang Tiga Cerme, Gresik, Jumat (13/12/2019).

Satu per satu kendaraan angkutan barang ini dicek petugas untuk mengetahui kemungkinan adanya muatan yang berlebihan dan kelayakan jalan kendaraan. Razia ini juga untuk mencegah adanya kendaraan over dimensi over load (ODOL).

Pengecekan kendaraan angkutan barang ini merupakan kegiatan operasi ODOL yang dilakukan petugas Satlantas Polres Gresik.

Kanit Patroli Satlantas Polres Gresik, Ipda Suryono mengatakan, kegiatan ini juga untuk mengantisipasi barang terlarang seperti senjata tajam (sajam), bahan peledak, petasan serta miras.

“Razia ini terkait dengan menjelang perayaan natal dan tahun baru, atau Nataru,” katanya.

Dari hasil razia ini, ada 10 kendaraan yang ditilang karena surat-suratnya tidak lengkap. Masing-masing 7 kendaraan tidak memiliki STNK, dan 3 kendaraan tidak dilengkapi dengan SIM.

“Semua pengemudi kendaraan itu kami tilang lalu diproses ke pengadilan,” ujar Suryono.

Suryono menambahkan, penertiban semacam ini akan terus dilaksanakan tiap menjelang nataru. Langkah ini diambil untuk mencegah terjadinya over load khususnya kendaraan angkutan barang, serta peredaran sajam, bahan peledak, petasan serta miras.

“Yang terpenting adanya razia ino guna mewujudkan situasi dan kondisi kamtibmas yang aman, kondusif dan terkendali di Gresik,” imbuhnya. [dny/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar