Peristiwa

Jelang Libur Nataru, 3 Bus di Terminal Jombang Tak Laik Jalan

Tim gabungan dari Polres Jombang dab Dinas Perhubungan melakukan pemeriksaan bus di Terminal Kepuhsari, Kamis (19/12/2019)

Jombang (beritajatim.com) – Puluhan sopir angkutan umum bus yang masuk di Terminal Kepuhsari, Desa Kepuhkembeng, Kecamatan Peterongan, Jombang, mengikuti tes urine dan pemeriksaan kesehatanyang digelar tim gabungan dari Polres Jombang, Dinas Perhubungan Pemkab Jombang, Kamis (19/12/2019).

Kapolres Jombang AKBP Boby Pa’ludin Tambunan yang memimpin kegiatan itu mengatakan, pemeriksaan tersebut sebagai upaya mengantisipasi laka lantas libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020. “Sopirnya kita tes urine, kendarannya juga kita periksa guna mengetahui laik jalan apa tidak,” ujar Boby.

Petugas gabungan yang berada di lokasi langsung melakukan pemeriksaan begitu ada bus antar kota berhenti di terminal. Sopir bus dicek kesehatan dan tes urine. Sedangkan kendaraan antar kota tersebut diperiksa kelaikan oleh petugas, sambil diminta menunjukkan kelengkapan surat-surat kendaraan.

Dari hasil pemeriksaan tersebut, tidak ditemukan sopir yang terindikasi mengonsumsi narkotika. Petugas hanya menemukan beberapa bus yang kurang laiak jalan. “Ini untuk memastikan kendaraan dan pengemudi yang sedang beroperasional benar-benar layak jalan, sehingga dapat mencegah terjadinya kecelakaan,” katanya menegaskan.

Kasat Reserse dan Narkoba Polres Jombang, AKP Moch Mukid menambahkan, ada 20 sopir bus berbagai jurusan yang menjalani pemeriksaan kesehatan dan cek urine. Hasilnya semua negatif. “Tidak ditemukan sopir yang terindikasi mengonsumsi narkoba,” ujar Mukid.

Sementara dari 20 kendaraan, petugas mendapati ada tiga bus yang bermasalah atau kurang laik jalan. Yakni, satu bus kacanya retak, kemudian dua bus memakai ban depan vulkanisir. “Masing-masing sopir kendarannya tidak laik jalan, langsung ditilang,” ujar Yoyok Kris T, Kasidal Ops UPT Pengelola Prasarana Perhubungan LLAJ Mojokerto. [suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar