Peristiwa

Jelang Libur Nataru 2021, Terminal di Kabupaten Malang Tanpa Pengecekan Hasil Rapid Test

Malang (beritajatim.com) – Jelang libur natal dan tahun baru (Nataru) tahun 2020 ini, wisatawan yang akan berlibur di Kabupaten Malang melalui jalur darat, tidak perlu khawatir perihal tes usap atau Rapid Test.

Pasalnya, di lima terminal yang berada di kecamatan Singosari, Karangploso, Wonosari, Dampit dan Gondanglegi tidak ada pengecekan hasil rapid tes maupun tes usap bagi penumpang.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Malang, Hafi Lutfi menjelaskan, tidak adanya pengecekan tersebut karena lima terminal di Kabupaten Malang, rata-rata masih berkategori tipe C. “Tidak ada pengecekan tes rapid ataupun tes swab mas karena terminal di Kabupaten Malang tipenya masih C,” ungkap Lutfi, Jumat (18/12/2020).

Teminal tipe C tersebut, lanjut Lutfi, merupakan terminal yang mengangkut penumpang antar desa di Kabupaten Malang. “Jadi tidak perlu tes usap kan orang antar desa di dalam Kabupaten. Beda kalau tipe A dan B yang mengangkut penumpang antar provinsi ataupun antar kota,” tuturnya.

Meskipun begitu, Lutfi menambahkan, Dishub Kabupaten Malang sudah melakukan sosialisasi perihal protokol kesehatan bagi sopir dan pengelola terminal.

Sosialisasi pun telah digelar dua hari mulai Senin hingga Selasa lalu di RM Bojana Puri Kepanjen. “Jadi sopir pastinya paham 3M ya memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. Jadi meskipun tidak ada pengecekan kami lakukan upaya pencegahan di terminal,” pungkasnya. (yog/kun)



Apa Reaksi Anda?

Komentar