Peristiwa

Jelang Lebaran, Mal di Kota Malang Wajib Terapkan Protokol Kesehatan Secara Ketat

Salah satu pusat pembelanjaan di Kota Malang.

Malang (beritajatim.com) – Beberapa pusat perbelanjaan di Kota Malang seperti Ramayana, Gajahmada, dan Tren dipantau oleh Satpol PP Kota Malang, Dishub Kota Malang dan Kodim 0833/Kota Malang. Tempat-tempat ini jelang lebaran dianggap berpotensi terjadinya kerumunan karena masyarakat mulai berbelanja.

Kasi Operasi dan Penindakan Satpol PP, Antonio Viera mengatakan, tim gabungan ini bergerak untuk menindaklanjuti Surat Edaran Walikota No 14 Tahun 2021 tentang protokol kesehatan. Mereka ingin memastikan pusat perbelanjaan menerapak protokol kesehatan dengan baik, seperti memakai masker, penyediaan alat cuci tangan hingga menjaga jarak.

“Sehingga ada perintah untuk kita memberikan arahan dan sosialisasi maupun imbauan kepada masyarakat yang berada di pusat perbelanjaan agar tetap menerapkan prokes. Tadi dari penyidakan tidak ada yang melanggar ya. Mungkin hanya satu yang tidak pakai masker, itu kita berikan masker ya,” kata Viera, Kamis (6/5/2021)

Mereka akan terus berkeliling ke sejumlah tempat pembelanjaan hingga malam takbir lebaran Idul Fitri. Untuk sementara, tiga tempat yang disasar sudah memenuhi aturan yang ada soal penerapan protokol kesehatan.

“Ada sanksi sosial kepada masyarakat ataupun pengunjung yang tak mematuhi protokol kesehatan. Contoh ya kalau tidak pakai masker kita beri masker. Terus kita beri sanksi menghafal Pancasila dan menyanyikan Indonesia Raya, seperti itu,” tandasnya. [luc/suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar