Peristiwa

Jelang Lebaran, Beras Program BPNT Mulai Didistribusikan ke Agen

Proses pengecekan beras BPNT oleh tim Dinsos Tuban, Muspika Montong, Agen dan TKSK Montong sebelum didistribusikan ke Agen.[foto: M Muthohar]

Tuban (beritajatim.com) – Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriyah, Program Bantuan Pangan Non Tunia (BPNT) berupa Beras serta komuditu yang lainnya untuk keluarga kurang mampu di wilayah Kabupaten Tuban sudah mulai didistribusikan ke setiap agen penyalur yang ada di setiap desa, Senin (10/5/2021).

Sebelum dilakukan pengiriman ke masing-masing agen penyalur yang ada di desa, Beras BPNT untuk Keluarga Penerima Manfaat (KPM) itu terlebih dahulu dilakukan pengecekan secara teliti. Pengecekan dilakukan secara langsung oleh tim dari Dinsos Tuban bersama dengan pihak Muspika, perwakilan agen penyalur dan juga TKSK.

Pengecekan kondisi beras bantuan dari program pemerintah itu hari ini sudah mulai dilakukan secara serentak di Kabupaten Tuban, termasuk salah satunya di Kecamatan Montong, Tuban. Setelah dilakukan pemeriksaan secara acak itu, beras BPNT akan langsung didistribusikan ke agen yang ada di setiap desa di kecamatan tersebut.

“Alhamdulillah untuk pengecekan beras hari ini hasilnya bagus, dan sudah bisa diterima oleh pihak Muspika maupun agen,” terang Tutuk Mei Rahayu Ningsih, selaku Kasi Publikasi dan Penyuluhan Sosial Dinas Sosial P3A Tuban.

Meski dari hasil pengecekan tersebut kualitas beras sudah bagus, namun pihak Dinsos Tuban selalu mengingatkan kepada para agen untuk selektif saat menerima pengiriman beras nanti. Jangan sampai beras BPNT yang didistribusikan ke agen berbeda kualitasnya dengan yang dilakukan pemeriksaan.

“Para agen ini adalah merupakan filter kami, jadi kami minta supaya agen itu lebih jeli. Jika pada kenyataannya beras yang dikirim itu tidak sesaui dengan yang dilihat di sini (saat pengecekan) harap untuk dikembalikan,” tambahnya setelah pengecekan itu.

Adapun meski telah mulai dilakukan distribusi ke agen-agen, penyaluran atau pengambilan beras BPNT tersebut masih belum bisa dilakukan saat ini. Pasalnya untuk kartu milik para KPM yang biasa digunakan untuk mengambil beras tersebut hingga hari ini belum terisi dana dari pusat.

“Ini secepatnya, tapi saat ini masih menunggu injek dananya. Kalau kartunya belum ada dananya kan belum bisa diambil, tapi insya allah dalam minggu ini,” pungkasnya.

Sementara itu, untuk jumlah order beras di wilayah Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban pada bulan Mei 2021 ini terdapat sebanyak 3.614 sak. Yang mana dalam program bantuan tersebut warga yang menerima masing-masing mendapatkan satu sak Beras Premium berisikan 15 kg, Telur, Tahu dan Tempe.

“Setelah pengecekan tadi, langsung dilakukan distribusi ke agen-agen, mungkin butuh waktu satu sampai dua hari. Nanti kalau dananya sudah terinjek biasa langsung bisa diambil,” ungkap Ahmad Jupri, Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Montong, Kabupaten Tuban. [mut/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar