Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Jelang Lebaran, Bandara Abdurrachman Saleh Malang Tambah 1 Ekstra Flight

Bandar Udara Abdulrachman Saleh Malang

Malang (beritajatim.com) – Jelang mudik lebaran Idulfitri 1443 Hijriah atau 2022 Masehi, Bandar Udara Abdulrachman Saleh Malang menambah 1 ekstra flight atau penerbangan tambahan. Hal itu diprediksi permintaan penumpang pesawat menjelang lebaran tahun ini akan meningkat signifikan dibanding hari biasa.

Kepala Seksi Keamanan Penerbangan dan Pelayanan Darurat Unit Pelaksana Teknis Bandar Udara Abdurrachman Saleh, Purwo Cahyo Widhiatmoko menjelaskan, penambahan 1 ekstra flight itu untuk maskapai Citylink. “Ekstra Flight ini berlaku 24-30 April, 1 Mei, dan 5-10 Mei 2022,” ungkap Cahyo saat ditemui di Kantor Unit Pelaksana Teknis Bandar Udara Abdurrachman Saleh, Senin (25/4/2022).

Selama ini, jumlah penerbangan di Bandar Udara Abdurrachman Saleh per hari sebanyak 4 penerbangan, dengan rute Malang-Jakarta. Keempat penerbangan itu berasal dari maskapai Garuda Indonesia 1 kali, Citilink 1 kali, Batik Air 2 kali. “Cuma untuk Garuda Indonesia ini tidak setiap hari, hanya Rabu dan Sabtu,” tuturnya.


Sementara ini, rata-rata okupanasi penumpang untuk 4 kali penerbangan yakni mencapai 85-90 persen. Jumlah itu meningkat 20 persen dibanding sebelum bulan Ramadan. “Kami memperkirakan, berdasarkan pengalaman tahun sebelumnya, sebelum pandemi Covid-19, peningkatan okupansi penumpang akan terjadi pada saat memasuki cuti lebaran, yakni H-5 dan H+5 lebaran,” tegasnya.

“Kalau arus mudik biasanya yang banyak penumpang dari Jakarta ke Malang. Tapi kalau arus balik penumpang dari Malang ke Jakarta yang banyak,” imbuh Cahyo.

Lantas untuk mengantisipasi banyaknya calon penumpang, hingga terjadi antrean, Bandar Udara Abdurrachman Saleh menyediakan posko. “Posko ini berfungsi untuk melayani penumpang dan memantau arus penerbangan,” pungkasnya. [yog/suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar