Peristiwa

Jelang Konferwil Ansor Jatim, 9 Cabang Deklarasi Dukung Ra Ghufron

Sidoarjo (beritajatim.com) – Sebanyak sembilan pengurus cabang (PC) Ansor di Jawa Timur melakukan deklarasi mendukung Ahmad Ghufron Siradj (Ra Ghufron) sebagai kandidat Ketua Pimpinan Wilayah (PW) GP Ansor Jatim periode 2019-2023.

Hal itu menyusul akan digelarnya Konferensi Wilayah (Konferwil) PW GP Ansor Jatim di Pondok Pesantren Sabilur Rosyad, Malang, Minggu (28/7/2019). Sembilan PC Ansor yang mendukung Ra Ghufron itu adalah PC Ansor Situbondo, Kota Kediri, Bangil, Nganjuk, Kota Madiun Kota, Kabupaten Madiun, Ponorogo, Pacitan dan PC Ansor Pamekasan. Mereka mendeklarasikan diri di rumah pendopo Pesantren Progresif Bumi Shalawat Lebo Sidoarjo pimpinan KH Agoes Ali Masyhuri, Sabtu (20/7/2019).

Munculnya nama Ra Ghufron ini dinilai sebagai poros tengah dan bakal menjadi pesaing hebat dari dua kandidat lain yang namanya sudah disebut-sebut bakal maju, yakni Moh Abid Umar Faruq (Gus Abid) dan Syafiq Syauqi (Gus Syafiq).

Ra Ghufron juga disebut mendapatkan dukungan dari para kiai yang pernah di sowani atau dikunjungi bersama PC Ansor yang mendukung. Sebut saja, KH Agoes Ali Masyhuri, KH Kafabihi Lirboyo Kediri, KH Marzuqi Mustamar Ketua PWNU Jatim, KH Kholil As’ad (Lora Kholil) Situbondo dan sejumlah kiai lainnya.

Ketua PC GP Ansor Kabupaten Situbondo, Yogie Kripsian Sah mengaku mendukung Ra Ghufron karena dia sosok yang memiliki ide, gagasan, visi misi dan karakter kepemimpinan yang mampu menjawab kebutuhan organisasi ke depan.

“Karena melihat kebutuhan organisasi ke depan diperlukan sosok yang tuntas kaderisasi dan punya militansi dalam mengelola organisasi. Dan, itu ada di sosok Ra Ghufron. Ra Ghufron ini solusi yang baik untuk memimpin PW Ansor Jatim kedepan,” katanya usai deklarasi.

Ungkapan senada juga disampaikan Ketua PC GP Ansor Kota Kediri, Wazid Khusni. Menurut Wazid, Ra Ghufron merupakan kandidat alternatif. Selain punya gagasan kuat, Wazid meyakini kehadiran Ra Ghufron bisa memecah kebuntuan yang selama ini menyelimuti kepengurusan sebelumnya. “Ra Ghufron bisa berkomunikasi dan diterima oleh kedua kandidat lainnya,” imbuh Wazid.

Ra Ghufron bersama 9 PC Ansor daerah mendapat wejangan dari KH Agoes Ali Masyhuri

Karena itu, Wazid mengaku dirinya tengah membangun komunikasi dengan pengurus cabang lainnya dan Ketua PAC di tingkat kecamatan di daerah-daerah yang bisa dijamah.

“Ra Ghufron adalah sosok yang menapaki proses kaderisasi dari bawah dan sampai bisa menjadi Sekretaris Nasional Badan Ansor Anti Narkoba (BAANAR) PP GP Ansor,” beber Wazid.

Sementara itu, Ra Ghufron mengatakan, dirinya siap maju menjadi kandidat dalam Konferwil PW Ansor Jatim karena dorongan dari banyak PC dan juga panggilan jiwa untuk bisa membawa PW Ansor Jatim yang sudah baik menjadi lebih baik.

Ra Ghufron tidak ingin ada krisis kepemimpinan di tingkat PW Ansor Jatim. Karena PW Ansor Jatim ini menjadi barometer secara nasional. Pada kepemimpinan sebelumnya muncul anggapan seperti ada kebuntuan.

“Saya ingin mengembalikan marwah PW Ansor Jatim. Dari kebuntuan yang ada, saya ingin menawarkan program dan gagasan untuk kebaikan semuanya,” imbuh putra KH Sirodj Ahmad, pengasuh Pondok Pesantren Miftahul Ulum, Kebun Wangi, Nagasari, Sampang, Madura, tersebut.

Disinggung soal dua kandidat lainnya, Ra Ghufron menyebut keduanya ( Gus Abid dan Gus Syafiq red,) adalah kader-kader Ansor terbaik di Jawa Timur. Dirinya juga siap bersaing dalam pemilihan Konferwil PW Ansor mendatang.

“Siapapun yang terpilih, semuanya harus tunduk pada keputusan. Mari semua bergandengan tangan untuk kebaikan Ansor Jatim,” tegas pria yang semasa kuliah aktif di Badan Eksekutif Mahasiswa sebagai Menteri Luar Negeri BEM UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. [isa/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar