Peristiwa

Jelang Imlek, Klenteng Tri Dharma Kediri Ritual Mandikan Patung Dewa

Kediri (beritajatim.com) – Kaum Tionghoa di Kota Kediri mulai membersihkan tempat ibadah dan membenahi patung dewa menjelang perayaan Imlek ke-2570. Pengurus Klenteng Tri Dharma Kota Kediri akan menggelar puncak imlek dengan berbagai atraksi kesenian khas tionghoa.

Berbagai persiapan dilakukan diantaranya membersihkan tempat ibadah maupun tradisi lainnya. Di Klentheng Tri Dharma Tjoe Hwie Kiong Kota Kediri, para pengurus klenteng mulai membenahi ornamen tempat ibadah serta mengenakan pakaian ke sejumlah patung dewa.

Kegiatan yang dilakukan rutin tiap tahun menjelang perayaan imlek. Praktis menjadi perhatian warga sekitar klenteng. Namun demikian kegiatan yang berlangsung selam berjam-jam, tidak membuat aktifitas peribadatan di klentheng.

Prajitno Sutikno, Ketua Yayasan Tri Dharma mengatakan, ritual bersih-bersih ini dilakukan dengan tujuan menghormati dewa-dewa. Jumlah tempat persembayangan yang dibersihkan sebanyak 16 altar.

Sementara untuk patung para dewa yang dimandikan lebih dari 60 unit. Patung para dewa yang ada di klenteng ini antara lain ma cow, dewi kwan im, sang budha, nabi konghucu serta lainya.

Dari sekian banyak patung dewa yang ada, yang dianggap sebagai tuan rumah atau dileluhurkan disini adalah ma cow diang sa semu. Sementara prosesi pembersihan dan pemandian para patung menggunakan air yang diberi bunga mawar.

Sebelum prosesi ritual bersih bersih dilaksankan, pagi harinya mereka yang terlibat dalam kegiatan ini terlebih dahulu melaksanakan ritual persembayangan. Hal ini dilakukan untuk menghormati patung para dewa, dengan meminta ijin terlebih dahulu kepada mereka.

Untuk diketahui, Kelenteng Tjoe Hwie Kiong Kota Kediri sendiri merupakan kelenteng yang diperuntukan bagi tiga penganut kepercayaan yakni tao, budha dan konghu cu. Kelenteng yang berlokasi di Jalan Yos Sudarso Kota Kediri ini telah berusia ratuan tahun dan statusnya sudah menjadi bangunan cagar budaya yang dilindungi oleh undang undang. [nng/ted].

Apa Reaksi Anda?

Komentar