Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Jelang Arus Mudik Lebaran, Kru Bus di Ponorogo Jalani Pemeriksaan Kesehatan Gratis

Ponorogo (beritajatim.com) – Jelang arus mudik Lebaran 2022, 60 kru bus dan penumpang menjalani pemeriksaan kesehatan di Terminal Seloaji Ponorogo. Ini merupakan program rutin yang digelar pengelola terminal bekerja sama dengan Jasa Raharja untuk memastikan para kru bus dalam kondisi prima.

“Rutinitas menjelang angkutan lebaran. Kami kolaborasi dengan Jasa Raharja melakukan pengecekan kesehatan gratis untuk kru bus maupun penumpang di terminal Seloaji,” ujar Kepala Satuan Pelaksana Terminal Tipe A Seloaji, Eko Hadi Prasetyo, Rabu (20/4/2022).

Eko mengatakan jika diagnosa dokter menyatakan sakit, maka kru yang bersangkutan langsung mendapatkan obat. Atau, dokter akan menyarankan untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Pemeriksaan kesehatan ini sebagai langkah antisipasi agar kru bus selalu dalam keadaan sehat. Sehingga mereka bisa memberikan pelayanan maksimal kepada para pemudik.

Selanjutnya, Eko mengatakan berdasarkan diagnosis dokter, rata-rata peserta cek kesehatan ini menderita asam urat, kolesterol dan kadar gula darah tinggi.

“Kita konfirmasi ke dokternya, intinya paling banyak mengidap asam urat, kolesterol dan gula darah tinggi,” pungkasnya.

Kru bus Handoyo, Adi (50), merasa senang ada program pengecekan kesehatan gratis ini. Dengan begitu, dia mengetahui keadaan kesehatannya.

Adi juga harus mempersiapkan fisiknya untuk angkutan mudik lebaran. Sebab, saban hari rute yang dilaluinya cukup panjang, yakni sampai Pulau Sumatera atau bus antar kota antar provinsi (AKAP).

“Biasanya perjalanannya 2-3 hari. Kalau sampai Pekan Baru ya 3 hari, namun kalau sampai Bandar Lampung ya cuma 2 hari,” katanya.

Hasil pemeriksaannya, Adi menyebut bahwa dicek gula darah, kolesterol, dan asam urat. Dia bersyukur gula darah dan asam uratnya dalam batas normal.

Hanya untuk kolesterol hasilnya agak tinggi. Sehingga dokter memberikan obat untuk itu.

“Gula dan asam uratnya tadi normal, hanya kolesterol yang agak naik sedikit, akhirnya tadi dikasih obat,” pungkasnya. (end/beq)


Apa Reaksi Anda?

Komentar