Peristiwa

Jawa Timur Terancam 12 Macam Resiko Bencana, Apa Saja?

Banyuwangi (beritajatim.com) – Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Timur, Suban Wahyudiono mengatakan seluruh wilayah di Jatim berpotensi bencana. Pasalnya, berdasarkan lokasi berdekatan dengan lempeng tektonik Indo Australia yang bisa saja terjadi pergeseran.

“Jawa Timur ini rawan sekali terjadi bencana gempa bumi karena, merupakan jalur pertemuan lempeng tektonik  Indo Australia. Jawa Timur juga memiliki 7 gunung api, Gunung Raung, Gunung Bromo, Gunung Ijen itu letusannya menyebabkan bencana,” jelas Suban, Minggu (6/1/2019).

Selain itu, kata Suban, wilayah timur di Pulau Jawa ini juga merupakan daerah kepulauan. Daerah ini juga memiliki panjang pantai yang membentang sepanjang 4498 kilometer. “Jadi rawan tsunami juga. Selain itu Jawa Timur juga menganut iklim tropis, jadi kalau musim hujan itu akan terjadi banjir,longsor, angin puting beliung, tapi kalau pas kemarau juga bisa berakiibat kekeringan,” ungkapnya.

Menurut Suban, berdasarkan kajian bencana Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) 2016, Jawa Timur ada 12 ancaman resiko bencana. Baik bencana karena alam maupun non alam. “Ada 11 bencana karena alam dan 1 non alam. Yang alam ini ya Tsunami,banjir, tanah longsor, gempa bumi dan lainnya. Sementara yang satunya
itu karena kegagala teknologi. Kalau Petrokimia bocor itu kan bahaya kan?,” ungkapnya. (rin/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar