Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Jangan Salah! Ini Tips Sederhana Atasi Ketombe yang Perlu Kamu Tahu

Ilustrasi seseorang yang terganggu karena rasa gatal akibat ketombe. (Pexels)

Surabaya (beritajatim.com) – Ketombe merupakan kulit mati di kepala yang mengalami pengelupasan berlebihan. Sehingga kerap kali serpihan-serpihan berwarna putih atau kuning ini tampak dengan jelas mengotori rambut hingga pakaian.

Tak ayal, jika ketombe diidentikkan dengan sesuatu jorok. Bahkan, banyak orang yang beranggapan bahwa orang yang berketombe itu jarang keramas atau mencuci rambutnya. Padahal, hal itu bukan penyebab seseorang berketombe.

Pada dasarnya kulit mati akan tetap terkelupas, meski normalnya tidak terlihat. Hanya saja, dalam beberapa kondisi seperti radang, hingga meningkatnya sebum dan sel kulit mati, membuat ketombe di kepala dapat terbentuk.

Penyebabnya pun cukup beragam. Mulai dari faktor stres, ketidakseimbangan hormon, hygiene rendah, hingga kulit yang memang pada dasarnya sensitif.

Dalam kondisi ini, biasanya seseorang akan merasakan gejala gatal dan bersisi pada kulit kepala. Bahkan, kulit terasa berminyak. Selain itu, biasanya ketombe juga menimbulkan ruam di area yang gatal.

Gejala-gejala tersebut bisa semakin memburuk ketika seseorang berada di tempat yang cukup dingin dan mengalami stres berkepanjangan.

Adapun tips sederhana untuk atasi ketombe, di antaranya seperti;

Rutin keramas

Meskipun keramas bukan menjadi solusi utama yang bisa dilakukan untuk mengatasi ketombe, tapi dengan keramas setidaknya dapat menguranginya. Selain itu, keramas juga dapat mengurangi jumlah minyak yang berlebih pada kepala.

Gunakan sampo anti ketombe

Penggunaan sampo antiketombe merupakan hal yang kerap dijadikan solusi utama untuk mengatasi ketombe. Namun, usahakan memilih produk antiketombe dengan bahan-bahan, seperti zinc phyrithione, xylitol, chalicylic acid, dan selenium sulfide.

Hindari penggunaan air telalu panas atau hangat

Keramas dengan air terlalu panas maupun hangat, tidak disarankan untuk orang yang berketombe. Hal ini justru akan membuat kulit semakin kering dan memicu rasa gatal lebih parah.

Manfaatkan bahan alami

Penggunaan bahan alami juga bisa digunakan untuk meminimalisir munculnya ketombe. Misalnya seperti minyak kelapa yang dapat melembapkan kulit, sehingga mengurangi rasa gatal dan terjadinya ruam. Bisa juga dengan menggunakan lidah buaya. Tanaman ini dapat membantu meringankan peradangan sekaligus psoriasis pada kulit. [fyi/beq]

Apa Reaksi Anda?

Komentar