Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Jamin Kelancaran Nataru, Begini Persiapan Pengelola Tol Jombang – Mojokerto

Kendaraan yang melintas tol Jombang - Mojokerto (Jomo), [Foto/dok]

Jombang (beritajatim.com) – Pengelola tol Jombang – Mojokerto, Astra Tol, menunjukkan komitmen dan kesiapan untuk memberikan pelayanan terbaik selama momen Natal dan Tahun Baru 2022 atau Nataru kepada pengguna jalan tol. Untuk itu berbagai fasilitas di ruas tersebut disiapkan.

Demi keamanan pengguna jalan, Astra Tol Jombang-Mojokerto menyiapkan CCTV di lajur setiap 500 meter pada seksi 2 dan 3. “Saat ini telah terpasang sebanyak 96 CCTV di lajur dan 4 CCTV di rest area,” kata CEO Toll Road Business Group Kris Ade Sudiyono, saat gathering dengan media melalui zoom meeting, Rabu (8/12/2021).

Bukan hanya itu, Tol Jombang-Mojokerto juga dilengkapi 14 gardu tol otomatis dengan reader multi golongan. Rinciannya, 12 gardu tol otomatis multi class dan 2 gardu tol otomatis GTO single class. Di ruas tol sepanjang 40,5 km ini juga tersedia 3 patroli lalu lintas.

“Fasilitas lainnya adalah 1 rescue, 2 ambulance, 4 mobil derek, 1 truk crane, 1 kendaraan tangka air dan 2 PJR dari kepolisian, serta 251 personil Satgas Nataru. Satgas ini dipastikan siaga mewujudkan Nataru Setuju (Selamat Sampai Tujuan) yang mengutamakan keamanan para pengguna jalan,” sambungnya.

Bersama dengan Polres Jombang, lanjut Kris, ASTRA Tol Jombang-Mojokerto telah menyiapkan 3 pos pengamanan yang berada di akses GT (gerbang tol) Mojokerto Barat, Jombang dan Bandar. “Kami memberikan pelayanan yang terbaik bagi pengguna jalan tol,” kata Kris.

Astra Infra merupakan kelompok usaha ASTRA yang telah berkontribusi di infrastruktur jalan tol sepanjang 357,5 km melalui 7 Badan Usaha Jalan Tol (BUJT). Diantaranya, Tangerang-Merak, Cikopo-Palimanan, Jombang-Mojokerto, Semarang-Solo, Surabaya-Mojokerto, Kunciran-Serpong dan Kebon Jeruk-Ulujami.

Bagaimana dengan persiapan di tol Surabaya – Mojokerto? Kris mengatakan, persiapan yang dilakukan Astra Infra dalam menyambut Nataru di ruas tersebut tidak jauh beda. Tol Jasamarga Surabaya Mojokerto (JSM) telah menyiapkan sejumlah langkah guna memastikan kelancaran momen Nataru.

Yakni, melakukan monitoring kondisi lalu lintas melalui 44 CCTV di gerbang tol, rest area, akses simpang susun, jembatan. Juga melakukan percepatan distribusi informasi kondisi lalu lintas kepada pengguna jalan melalui VMS (Variable Message Sign) yang ada di di Km 745 (B), Km 712 (A), dan Km 728 (entrance Krian).

VMS merupakan perangkat kontrol lalu lintas yang dapat menampilkan satu atau lebih pesan kepada pengguna jalan Sedangkan untuk layanan lalu lintas di Tol JSM saat ini telah tersedia 1 unit rescue, 2 ambulance, 3 PJR dan 3 derek serta sejumlah 172 personil Satgas Nataru. [suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar